175 Penerima Bantuan Program READSI Dibekali Ilmu

0
413

Pohuwato || matarakyatindo.com –Dinas┬ápertanian Kabupaten Pohuwato menggelar sosialisasi dan pelatihan kepada 175 penerimah bantuan program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling – Up Innitiative (READSI) bertempat di Aula Kantor Desa Molosipat Utara Kecamatan Popayato Barat Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo, Rabu (30/10/2019).

Koordinator Monitoring Tingkat Kabupaten Punguanta Roganda Pandeangan STP MSi, mengungkapan bahwa program READSI akan memberikan bantuan modal secara bertingkat, namun sebelum itu penerma bantuan akan dibekali dengan ilmu pengetahuan tentang budidaya tanaman.

“Kalau tahun ini kan mereka masih diberikan ilmu, hari ini adalah pertemuan yang ke delapan, nanti tahun depan mereka akan mendapat bantuan dana. Masing-masing pekarangan akan mendapatkan satu juta/orang, petani jagung tiga juta/orang dan kakao lima juta/orang” ungkapnya.

Dikatakan pula, bahwa program ini tidak semata-mata dilepas begitu saja kepada masyarakat, hal ini akan terus kawal sehingga program READSI ini benar-benar berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Selain pendamping ada juga fasilitator Desa yang akan menjaga terus mereka didesa sampai lahanya ini diolah atau tidak mereka ini yang mengawasi” jelasnya.

Progam ini pula diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarkat sehingga program READSI benar-benar ada manfaatnya untuk masyarakat, sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan di Kabupten Pohuwato

“Harapan saya sasaran outputnya selama lima tahun pendapatannya terus meningkat, produksinya meningkat, dan semakin hari lepas dari KK miskin” harapnya.

Terpisah, Kepala Desa Molosipat Utara (Molut) Ruin Polohi, berharap masyarakat dapat menerima dan mendukung program ini dengan serius. Diharapkan pula dengan program READSI ini terus berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khusunya dibidang pertanian.

“Saya berharap masyarakat mendukung program ini, dan atas nama pemerintah Desa saya berharap dengan program yang diberikan oleh pemerintah daerah ini terus berkelanjutan dan ditingkatkan” tandasnya.

Reporter : Munafir Tumpinyo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here