183 KK Terdampak Corona di Ogotion Akan Dapat BLT dari Dana Desa Rp 600 Ribu per KK

0
362

Parimo || matarakyatindo.com Total dana desa Ogotion di tahun 2020 mencapai Rp. 1.064.254.000 Dari jumlah tersebut, 30 persen atau setara dengan Rp  319.276.200,- akan  dikonversi  menjadi Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga Desa Ogotion yang terkena dampak Covid-19.

Dari 30 persen itu, rencananya setiap keluarga akan mendapatkan Rp 600 ribu selama 3 bulan.

“Bantuannya sejumlah Rp 600 ribu selama 3 bulan. Mulai bulan April, Mei, Juni dan diberikan langsung oleh Pemerintah Desa Ogotion dengan cara non tunai atau cashless,” kata Kepala Desa Ogotion, Budi di Aula Kantor Desa Ogotion, Rabu (22/4).

Budi menjelaskan, yang mendapatkan BLT dana desa itu harus memenuhi syarat tertentu, yakni setiap keluarga miskin yang kehilangan mata pencahariannya akibat pandemi COVID-19.

“Belum mendapatkan bantuan pangan non tunai (BPNT), belum mendapatkan PKH, belum mendapatkan kartu prakerja, belum terdaftar di DTKS, serta keluarga miskin yang memiliki anggota rumah tangga sakit menahun, sakit kronis akan mendapatkan bantuan langsung tunai,” jelasnya.

Dia menjabarkan, penjaringan penerima BLT ini bakal dilakukan oleh tim relawan Dusun yang sudah terbentuk di Gugus Tugas Covid-19 Desa Ogotion.

Data penerima kemudian akan disetujui oleh pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, baru data bantuan langsung bisa dieksekusi oleh pemerintah desa.

“Mereka akan melakukan pendataan mulai basis Dusun. Kemudian data ini divalidasi melalui melalui musyawarah desa khusus, setelah itu ditandatangani oleh kepala desa untuk diajukan kepada pemerintah kabupaten melalui camat untuk dilakukan verifikasi selambat-lambatnya 5 hari,” pungkasnya.

Reporter : Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here