32 Orang Bela Negara KAT Parimo Dilantik Sebagai Anggota Tagana Provinsi

0
311

PARIMO – matarakyatindo.com – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Hidayat Lamakarate selaku pembina Taruna Siaga Bencana ( Tagana ) Provinsi Sulawesi Tengah secara resmi mengukuhkan 32 orang Bela Negara Komunitas Adat Terpencil Kabupaten Parigi Moutong menjadi anggota Tagana Provinsi Sulawesi Tengah.

Pengukuhan yang dihadiri Bupati Parigi Moutong, H. Samsurizal Tombolotutu tersebut, dilaksanakan di ruang terbuka hijau Tinombo, Selasa, 2/10/2019.

Sekretaris Daerah Provinsi Dr. Hidayat Lamakarate dalam sambutannya mengatakan, Tagana KAT Parigi Moutong merupakan tagana yang pertama kalinya dikukuhkan menjadi Tagana Propinsi Sulawesi Tengah.

“Saya belum ada menemukan tagana KAT yang dibiayai pemerintah Kabupaten kemudian dikukuhkan menjadi tagana Propinsi, ini pertama kalinya saya kukuhkan” Ungkap Hidayat.

Hidayat menambahkan, Tagana KAT Parigi Moutong akan dijadikan percontohan kepada Kabupaten lainnya di Propinsi Sulawesi Tengah. “Saya akan sampaikan kepada Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah untuk membuat pemberitahuan kepada seluruh Kabupaten di Propinsi Sulawesi Tengah agar menyiapkan tagana Kabupaten yang dibiayai Kabupaten tetapi statusnya adalah tagana Provinsi” ujarnya.

Bupati Parigi Moutong dalam sambutannya mengatakan untuk menjadi Tagana Provinsi merupakan suatu tantangan yang harus dilaksanakan, sebab tugas Tagana Provinsi siap membantu daerah yang terkena Bencana di seluruh wilayah Propinsi Sulawesi Tengah.

Bupati berharap kepada calon tagana berikutnya yang telah dipersiapkan untuk lebih meningkatkan prestasi tagana yang telah dikukuhkan menjadi tagana Provinsi. “Saat ini kita telah memiliki tagana provinsi, untuk adik-adik calon tagana gelombang ke dua rebut status Tagana Nasional” Harapnya.

Pengukuhan Tagana KAT Parigi Moutong menjadi Tagana Provinsi Sulawesi Tengah ditandai dengan penyerahan seragam Tagana Propinsi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah kepada Anggota Tagana Provinsi yang baru dikukuhkan.

Penulis : Opan Humas

Editor : Sumardin | P’de

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here