51 Desa di Parimo Bakal Melaksanakan Pilkades Bulan April Mendatang

0
694

PARIMO | matarakyatindo.com – Pemerintah daerah Kabupaten Parigi Moutong akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak tahun 2020 yang rencananya bakal dihelat Bulan April mendatang.

Demikian pernyataan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Fit Dewana baru-baru ini saat ditemui matarakyatindo.com di Ruang Kerjanya.

Fit mengatakan saat ini pihaknya telah mengajukan Peraturan Bupati (Perbup) terkait akan dilaksanakannya Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada bulan April tahun 2020 mendatang.

“Tahapan pilkades serentak akan dilaksanakan di bulan Maret, sedangkan pelaksanaannya diusulkan pada bula April 2020. Perbupnya sudah kami usulkan hanya saja tinggal menunggu persetujuan dari Bupati,” kata Fit, di kantornya, Senin (18/2/2020).

Dari 51 desa yang akan mengikuti pilkades serentak di tahun 2020 kata Fit, oleh karena masa jabatan Kades telah berkahir pada bulan Desember tahun ini. Ini artinya bagi Kades yang masih dalam tugas, maka diberikan kesempatan untuk mengajukan cuti dalam keikut sertaan Pilkades serentak. Sedangkan bila ada kepala desa masa jabatan berakhir pada Januari 2021, tentu tidak bisa mengikuti Pilkades serentak, ujarnya.

Mengingat dalam pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini masih terdapat perbedaan sebagaimana dalam peraturan Bupati, dimana dalam pengajuannya terdapat perbedaan untuk calon yang mencapai 5 peserta, kata Kadis akan dilakukan ujian tertulis yang sudah di siapkan DPMD, melalui lembaga penguji.

“Untuk persyaratan lainnya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, seperti ijazah pendidikan terakhir yakni minimal SMP dan usia 25 tahun terhitung sejak tanggal pelaksanaan Pilkades” jelas Fit.

Reporter : Deni Renaldi / Editor : Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here