18 Anggota TNI Lakukan Protokoler  Kesehatan Rapid Test Dengan Hasil Negatif

0
135

BANGGAI | matarakyatindo.com – Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) terus melakukan protokol kesehatan penanganan Covid-19 dengan melakukan rapid test kepada warga masyarakat, dan tak terkecuali hal ini juga dilakukan terhadap anggota TNI yang berada di Luwuk Kabupaten Banggai.

Oleh tim medis Puskesmas Kelurahan Baru Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai, telah melakukan rapid test terhadap anggota Kodim 1308 Luwuk Banggai yang melaksanakan pengamanan terhadap pasien Covid-19 yang dikarantina di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Karaton Kecamatan Luwuk. Pada kamis, 28/05/2020.

Dandim 1308/Luwuk Banggai Letkol Inf Fanny Pantouw, M.I.Pol., pada kesempatan terpisah oleh awak media membenarkan adanya kegiatan rapid test oleh Tim Medis Puskesmas Kelurahan Baru terhadap 18 orang anggota TNI, terdiri dari Koramil 1308-01/Luwuk yang melaksanakan tugas pengamanan tempat karantina pasien Covid-19 di SKB Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai.

Lanjut Dandim, selain dilaksanakan protokol kesehatan berupa kegiatan rapid test, bahwa kami dari pihak TNI akan selalu dan terus berupaya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat serta ikut serta membantu pemerintah baik dalam pembuatan tempat cuci tangan di Makodim dan Jajarannya yakni di Koramil – 01 sampai dengan Koramil – 13 di wilayah Teritorial Kodim 1308/Luwuk Banggai.

Selain pembuatan tempat cuci tangan, TNI juga melaksanakan Pembagian Masker kepada seluruh anggota prajurit dan masyarakat yang membutuhkan, penyemprotan disinfektan di kantor-kantor dan fasilitas umum, pembuatan dapur umum untuk masyarakat ekonomi lemah serta pembuatan demplot ketahanan pangan. Ujar Dandim.

Ditambahkannya, tentu saja hal ini berkat loyalitas serta peran masyarakat untuk selalu menjaga agar dapat memutus mata rantai Pandemi Covid-19 sangat diperlukan dengan kesadaran mereka masing-masing. Dengan cara seperti itu saya yakin, penyebaran Virus Corona di Kabupaten Banggai dapat kita takhlukkan.

“Upaya pemutusan mata rantai Pandemi Covid-19 ini tetap dilaksanakan dengan terus malaksanakan protokol atau aturan dari Pemerintah sesuai dengan SOP yang diberikan”. Tutur Dandim.

Komandan Rayon Militer (Koramil ) 1308-01/Luwuk Kapten Inf Supartono yang hadir pada kesempatan kegiatan tersebut, oleh awak media mengatakan bahwa Kodim 1308/LB melalui Koramil-01/Luwuk berterima kasih atas kerja sama yang dilakukan  Tim Medis Penanganan Covid-19 Pukesmas Kelurahan Baru, yang telah melakukan langkah-langkah penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona serta berusaha untuk memutus mata rantai Pandemi Covid-19 di wilayah Teritorial Koramil-01/Luwuk.

“Kegiatan rapid test ini sangat positif, karena anggota Koramil-01/Luwuk bersama Organisasi Perangkat Daerah melalui Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL-PP) Kabupaten Banggai, ikut berperan aktif dalam pengaman objek gedung SKB Dinas Pendidikan  tempat isolasi pasien Covid-19. Syukur Alhamdulillah, hasil rapid test terhadap 18 orang anggota TNI tersebut, oleh Tim Medis menyatakan Negatif. Ujar Danramil.

“Demi meningkatkan kinerja dan kepercayaan diri bagi anggota yang bertugas pengamanan, perlu diadakan rapid test, karena anggota  TNI yang melaksanakan Pengamanan tersebut, berada dilingkungan isolasi pasien Covid 19. Semoga kedepan anggota  tetap diberikan kesehatan sehingga kita bekerja lebih maksimal dalam membantu Pemerintah dalam penanganan dan pencegahan Pandemi Covid-19,”Tutur Kapten Inf Supartono.

Reporter : Ramli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here