Achrul : Naiknya UMP di Tahun 2020, Harus Seiring Stabilnya Perekonomian Sulteng

0
187

PALU || matarakyatindo.com – Berdasarkan Pasal 44 ayat 1 Peraturan pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2015 tentang perhitungan upah minimum provinsi (UMP) berdasarkan prosentase inflasi dan pertumbuhan ekonomi atau pertumbuhan domestic bruto (PDB), UMP di tahun 2020 naik menjadi Rp.2,3 juta.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulawesi Tengah (Sulteng), Achrul Udaya kepada Matarakyat.indo.com, Sabtu (21/12/2019) saat dihubungi via telepon.

“Di Kota Palu, seiring dengan adanya perbaikan dan stabilnya ekonomi berarti akan ada kebangkitan perekonomian Pasca gempa cukup bagus, salah satunya kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) di berbagai sektor,” ujar senior Advokat itu.

Menurutnya dengan masuknya kembali para penanam modal (investor) mudah mudahan bisa mempercepat pembangunan sektor pembangunan ekonomi rakyat , hal itu sangat membantu meresap tenaga kerja lokal.

“Kalau progres pembangunan di sektor ekonomi Kota Palu cukup signifikan berapa persen saja, sejauh ini menurut saya cukup pulih dan lambat laun normal kembali,” beber dia.

Lebih jauh ditambahkanya, untuk sektor pertambangan belum memenuhi income (pemasukan) daerah, sebab sektor cepat terkuras. Olehnya pihaknya akan mendorong sektor Pertanian dan perkebunan, dimana sektor tersebut menjadi andalan didaerah ini.

“Harapanya, bukan hanya dua sektor tersebut, tetapi juga bidang Pariwisata sendiri belum tergali, kalau itu didorong, saya tidak tahu apa dinas terkait tetap prioritaskan dan hal itu tidak menutup kemungkinan menjadi jualan utama dikanca Nasional maupun Internasional,” tandasnya.

Reporter : BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here