Adyana  Anggota Komisi IV DPRD Parimo Tekankan Bagi Masyarakat Wajib Merekam E-KTP

0
472

Parimo – matarakyatindo.com Hak penduduk Indonesia dengan memperbolehkan penggunaan surat keterangan (suket), perekaman E-KTP sebagai syarat untuk mencoblos pada 17 April. Sebelumnya, dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, syarat bagi warga agar dapat menggunakan hak pilih hanya bisa menggunakan E-KTP. Anggota komisi IV DPRD parimo Fraksi demokrat menimbang perlunya masyarakat untuk melakukan perekaman E-KTP.

Adyana, Menyatakan frasa kartu tanda penduduk elektronik dalam Pasal 348 ayat (9) UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat secara bersyarat

“Sepanjang tidak dimaknai termasuk pula surat keterangan perekaman kartu tanda penduduk elektronik yang dikeluarkan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil atau instansi lain sejenisnya yang memiliki kewenangan untuk itu” Ujarnya.

Adyana menambahkan bahwa syarat minimal pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya adalah memiliki E-KTP. Namun bagi warga yang telah memenuhi syarat memiliki hak pilih dan belum mendapat E-KTP, bisa menggunakan suket perekaman E-KTP”Jika syarat memiliki KTP-E tetap diberlakukan bagi warga negara yang sedang menyelesaikan urusan data kependudukan maka hak memilih mereka.

“Syarat pemilih untuk bisa mencoblos menggunakan E-KTP minimum identitas warga negara yang memiliki hak pilih untuk dapat menggunakan haknya. Pada saat hari pencoblosan Dalam konteks pemilu yang jujur dan adil juga bergantung pada akuntabilitas syarat administratif yang diterapkan dalam penggunaan hak pilih, maka KTP-E merupakan identitas resmi yang dapat dipertanggungjawabkan,” tandasnya.

Dengan adanya putusan MK tersebut, makin menguatkan legal standing KPU yang sebelumnya mengizinkan suket dipakai di Pemilu 2019 yang dituangkan dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu.

Kata Adnyana bahwa Saat ini ada 7 pelayanan perekaman yaitu Dengan semakin dekatNya pesta demokrasi 2019 dan merupakan hak seluruh masyarakat yang sudah berumur 17 tahun.

“Saya selaku wakil komisi IV yang bermitra dengan dukcapil berharap kepada seluruh masyarakat , agar bisa melakukan perekaman E-KTP di kantor camat yang sudah ada peralatan merekam” Imbuhnya

“Seperti di kec Taopa, kec bolano lambunu, kec mepanga Kantor perwakilan tinombo, kec ampibabo dan pargi mengingat sesuai putusan MK bahwa saat ini dibolehkan mengunakan suket utk mencoblos agar hak konstitusi seluruh warga negara tidak hilang” Pungkasnya

Reporter : Deny Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here