Ajak Anggota KUD Solit, Puskud Sulteng Akhirnya Kembali ‘Kejati Dirinya’…! Begini Kata Ramli

0
140

Foto : Sekertaris Puskud Sulteng Ramli Maskota (F/Ode)

PALU | matarakyatindo.com – Tata kelola manajemen Koperasi harus di dasari oleh jati diri koperasi. Selain itu, koperasi juga harus mampu menerapkan 4 prinsip Manajemen yaitu Perencanaan (Planing), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan sesuai Job disc (Actuating) dan Pengawasan/Penilaian (Controlling) agar koperasi berjalan sesuai koridor dan ada evaluasi bagi pijakan perbaikan pada periode berikutnya.

Menurut Ramli Maskota selaku Sekertaris Puskud Sulteng hasil Rapat luar biasa tanggal 1 Pebruari 2020 di Hotel Astoria Jalan S. Parman Nomor 60 Palu mengatakan, selain masalah manajemen, yang tidak kalah penting adalah bagaimana pengurus koperasi harus mampu menyusun dan menganalisa Laporan Keuangan yang berisi tentang Neraca, Perhitungan Hasil Usaha, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas dan Catatan atas Laporan Keuangan

“Satu keharusan bagi Pengurus Koperasi dalam menjalankan roda organisasi Koperasi adalah memberi laporan Pertanggungjawaban kepada anggota Koperasi”, ujarnya kepada wartawan media ini, Rabu Pagi (18/3).

Ramli mengatakan, Pusat Koperasi Unit Desa yang anggotanya adalah Koperasi Unit Desa (KUD) yang ada di Sulawesi Tengah, yaitu sebagai penggerak perkoperasian untuk meningkatkan perekonomian ditingkat desa melalui musyawarah mufakat menuju pemanfaatan yang rasional sehingga Puskud akan dikembalikan kepada jati dirinya bahwa Puskud itu adalah sekunder Koperasi Unit Desa, terangnya.

Jika hal ini menjadi acuan Puskud Sulawesi Tengah, tentu akan lebih besar manfaatnya dari pada mudhoratnya. Ini diartikan bahwa program KUD melalui visi dan misinya bisa menjadi penguatan ekonomi berbasis kemasyarakatan.

Ramli menambahkan, Jati Diri adalah suatu hal yang ada di dalam diri kita, Dengan meliputi Karakter, Sifat, Watak dan kepribadian nya. Jati Diri itu adalah segala hal tentang diri Anda.

“Untuk menemukan Jati Diri, anda harus memulai hal-hal untuk diri sendiri, Yah memang sulit untuk menemukan Jati Diri itu sendiri. Karena pada dasar nya Jati Diri itu secara alami akan ada di dalam diri anda” jelasnya.

Reporter : Sumardin Husain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here