Ajang STQH Tingkat Provinsi di Banggai Laut, Parimo Murni Pakai Anak Daerah

0
204

PARIMO | matarakyatindo.com – Mewakili Bupati, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Parigi Moutong resmi membuka Pelatihan Kafilah tingkat Kabupaten pada Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Tingkat Prov. Sulteng yang akan dihelat di kab. Banggai Laut pada bulan juni tahun 2021 mendatang.

Kegiatan pembukaan pelatihan tersebut berlangsung dihotel Ekonomi desa Bambalemo Kecamatan Parigi, Rabu (24/3/2021).

Kegiatan ini merupakan salah satu Program Kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Parigi Moutong dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten sebagai bentuk pembekalan dan persiapan mengikuti ajang Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021.

Diacara seremonial tersebut, nampak hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Drs Muslimin MM, Kabag Humas Aidar MSi, Kabag Kesra Mahfud, Perwakilan Polres, Ketua LPTQ Kabupaten H.Sudirman Tjora MM serta sejumlah Pejabat Pemda dan Peserta Khafilah STQH Parigi Moutong.

H.Sudirman Tjora MM selaku Ketua LPTQ Kabupaten melaporkan, untuk kesiapan peserta dari 4 cabang lomba yang dilaksanakan, kafilah Parigi Moutong mengikuti semua cabang yang dilombakan diantaranya cabang tilawah, tahfiz, tafzir dan al hadits.

Dari 20 orang peserta masing-masing mengikuti tilawah kanak-kanak 2 orang dan dewasa 2 orang, kemudian di tahfiz 1 juz sampai 30 juz, dan pada mushabaqah al hadits gol 100 hadits dengan syarat dan 500 hadits tanpa syaratnya juga diikuti.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten, Muslimin MM mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk persiapan untuk menyambut pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Jadits (STQH) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang akan digelar dikab. Banggai Laut pada bulan juni Tahun 2021.

Menurutnya, meskipun kegiatan ini sedikit terhambat karena adanya Covid-19 akan tetapi khafilah Parigi Moutong tetap berupaya mengikutinya melalui ketentuan yang telah dianjurkan oleh pemerintah dan juga mematuhi aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah berupaya mendorong dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini, sehingga hasilnya bisa memuaskan dengan potensi yang ada dan dapat mengharumkan nama daerah hingga di tingkat nasional.

Mengutip laporan Bupati, Asisten I bidang pemerintahan dan kesra  Drs H. Samin Latandu menyampaikan atas nama pemerintah daerah sangat Apresiasi kepada seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini.

“Terimakasih kepada semua pihak yang ikut terlibat sehingga kegiatan ini dapat terselenggalara dengan baik” ujarnya.

Diharapkan agar para peserta pelatihan ini bisa berkesempatan mengalih ilmu, wawasan sekaligus mengasah kemampuan yang dimiliki, sehingga ilmu yang didapatkan dapat diimplementasikan.

Bupati mengingatkan agar peserta yang terpilih serta mengikuti pelatihan ini diharapkan semua adalah anak-anak asli daerah dan tidak mengharapkan adanya Qori dan Qori’ah yang di ambil dari luar Kabupaten atau luar Provinsi Sulawesi Tengah.

“Karna seperti yang kita ketahui bersama melalui pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan didaerah kita banyak sekali bibit-bibit Qori dan Qori’ah yang berbakat dan bertalenta” kata Samin mengutip laporan Bupati.

Samin menambahkan, bahwa sudah menjadi tanggung jawab serta tantangan bagi kita untuk terus meningkatkan kemampuan anak-anak daerah agar bisa bersaing dengan daerah lain.

Apalagi mengingat Kalifa Parigi Moutong setiap mengikuti Ivent STQH maupun MTQ selalu berada diperingkat yang membanggakan dan paling tidak Prestasi kejuaraan yang telah kita capai harus di pertahankan dan bahkan ditingkatkan, harapnya.

Sumber : Humas Pemda Parimo

Editor : Sumardin (Pde)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here