Anggaran Bumdes di Desa Konarom Jadi Sorotan

0
583

Sulut, Bolmong- matarakyatindo.com anggaran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Desa Konarom, Kecamatan Dumoga Tenggara, Kabupaten Bolaang mongondow, jadi sorotan. Rabu, (31/7/19).

Menurut Sugeng Ariwibowo, yang juga mantan ketua BPD periode sebelum 2018, bahwa untuk anggaran tahun 2017 yang masuk pada bumdes sebesar Rp.50.000.000 (Lima puluh juta) dalam hal pembuatan kios LPG.

“LPJ (laporan pertanggungjawaban) sudah ditandatangani, bahwasanya pembuatan kios LPG sudah selesai namun kenyataannya belum selesai”.

Sugeng juga menegaskan bahwa selama ini BPD tidak pernah dilibatkan, semua ditangani oleh kepala Desa.

“kenapa ketika inspektorat turun memeriksa tidak menanyakan mana yang dibuat sesuai RAB (rencana anggaran belanja), sehingga ini menimbulkan dugaan bahwa inspektorat terindikasi ada permainan”, Pungkasnya.

Sugeng juga mengatakan bahwa setelah Sekdes dalam hal ini Heri Sugeha mengusulkan kepada dinas perijinan yang terkait dan mendapatkan respon dari dinas yang bersangkutan dengan jumlah anggaran Rp. 38.000.000 (tiga puluh delapan juta) dan mendapatkan izin, plus dengan 200 tabung gas elpiji sudah berisi.

“setelah tiba waktu sekdes menanyakan keuangan kepada pak Sangadi (Kades), ternyata uangnya sudah habis dan keuangan Sangadi semua yang tangani”, Tutupnya.

Saat dikonfirmasi kepada ketua bumdes, ketua bumdes belum mau memberikan tanggapan terkait dengan pengelolaan anggaran dengan alasan belum siap.

“Saya belum siap untuk diwawancarai karena saya tidak ada kesiapan”, Ungkap Riadi Ulod selaku ketua bumdes.

Reporter : Vijay Karundeng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here