Anggota DPRD Sulawesi Tengah Nur Dg Rahmatu Gelar Sosper Tentang PAD

0
118

PARIMO | matarakyatindo.com – Anggota DPRD provinsi Sulawesi Tengah H. Nur Dg Rahmatu SE menggelar sosialisasi peraturan daerah (Perda) nomor 7 tahun 2021 tentang lain lain pendapatan asli daerah yang sah.

Kegiatan ini dilaksanakan, di Aula Hotel Ludya Bambalemo Kecamatan Parigi, Kamis (22/4/2021) bersama Bapenda Parimo dan Samsat.

Selaku Narasumber tunggal, Nur Dg Rahmatu menyatakan pentingnya pedoman dalam mengakses peningkatan pendapatan asli daerah dan lain-lain yang sah harus tertuang dalam peraturan daerah, sebab banyak subyek dan obyek sumber pendapatan daerah yang perlu digali lagi.

“Obyek pendapatan LLPADS meliputi hasil penjualan BMD yang tidak dipisahkan pemanfaatannya serta hasil kerjasama daerah, jasa Giro, dan hasil pendapatan lainnya sebagaimana tertuang dalam Pasal 4, Serta masih banyak pasal dan aturan dalam tata cara pengelolaan pendapatan asli daerah yang sah” ujarnya.

Dia juga mengatakan tentang tata cara pengelolaan LLPADS dalam Pasal 5 dimana selaku penanggung jawab kekuasaan wilayah adalah Gubernur sebagai pengelolaan keuangan daerah.

Adapun poin yang diatur sebagaimana dalam pasal 5, menetapkan bentuk LLPADS pada setiap awal tahun anggaran dan menetapkan besaran penerimaan atas bentuk LLPADS.

“Pada dasarnya semua hasil pendapatan asli daerah yang sah merupakan sumber pendapatan asli, baik itu pajak, retribusi, serta pendapatan lainnya yang sah, yaitu dengan memberikan landasan pemberlakuan serta penuntutan jenis obyek pemungutan LLPADS yang diatur oleh UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah” Jelasnya.

Bahkan kehadiran Perda LLPADS, di samping untuk memberikan pedoman dasar hukum yang lebih pasti akan kebutuhan instrumen sekaligus meminimalisir adanya peraturan pusat yang masih bersifat umum.

“Kehadiran perda ini lebih komprehensif dan terpadu dengan kepastian asas hukum, profesionalisme, partisipatif, aksesibilitas tertib guna waktu dan transparansi” mantan Ketua DPRD Parimo ini. (**)

Reporter : Deni Renaldi / Editor : Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here