Anleg DPRD Komisi IV Parimo Kunker ke Dukcapil Donggala, Ini Tujuannya

0
123

DONGGALA | matarakyatindo.com – Dalam rangka studi komparasi, Rombongan Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melakukan kunjungan kerjanya (Kunker) ke Kabupaten Donggala, Sulawesi tengah, yakni mengunjungi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Kedatangan Rombongan tersebut langsung disambut hangat oleh Kepala Dinas (Kadis) Capil Kabupaten Donggala H.Taufik Yotolemba, M.M beserta jajarannya Rabu Siang, di kantornya sembari melihat kinerja pelayanan.

“Donggala telah melahirkan sejumlah Kabupaten, salah satunya Parigi. Dimana dilihat dari sisi sejarah maupun administrasinya, olehnya itu Donggala memiliki kaitan erat dengan Parigi, makanya kami berkunjung OPD Dukcapil, karena belajar dari pelayanannya yang cepat ketimbang Parimo,” ujar anggota Komisi IV Moh. Fadli kepada awak media, Kamis (10/6/2021) siang.

Dijelaskannya Moh.Fadli, dipilihnya OPD Dukcapil Donggala karena mereka ingin belajar banyak dari pelayanan khsususnya dibidang manajemennya serta dari pengelolaan data kependudukannya yang cukup baik.

Ditambahkannya, studi komparasi tersebut terkait dengan pelayanan Capil, sebab Parimo mengalami ketertinggalan pencetakan data Surat Keterangan Tanda Penduduk (SUKET) 2019-2021 itu belum maksimal tercetak. Olehnya itu pihaknya belajar dari salah satu OPD yakni Dukcapil yang dipimpin Taufik Yotolemba M.M.

“Jadi kami melakukan studi ini, belajar bagaimana cara mengatasinya, apalagi berbicara soal Suket, semua terkendala di 2019, kemudian kendala pengiriman blanko dari pusat, olehnya Capil mengeluarkan surat keterangan sebagai pengganti, tetapi setelah masalah itu teratasi seharusnya semua daerah termasuk Donggala nol SUKET,” jelasnya lagi.

Diakhir kesempatan, pihak DPRD yang membidangi Kesejahteraan Rakyat Parimo itu berharap dengan agenda Kunker tersebut bisa menimba ilmu pengetahuan terkait pelayanan publik, bagaimana sedini dan semaksimal mungkin SUKET tidak lagi digunakan serta segera di nolkan.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here