Antisipasi Covid 19 dan Edaran Presiden RI, Bupati Liburkan Sekolah

0
67

DONGGALA | matarakyatindo.com – Terkait surat edaran Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terkait antisipasi menyebarnya virus corona yang meresahkan masyarakat belakangan ini.

Olehnya Bupati Donggala Drs, Kasman Lassa SH meliburkan sekolah selama 14 hari, dimulai hari ini, Selasa 17 Maret 2020.

Instruksi Pemerintah Pusat berkaitan dengan kebijakan meliburkan sekolah. Pemerintah Kabupaten Donggala mengambil sikap selaras dengan Pemerintah Pusat. Hal itu disampaikan oleh Bupati Donggala Kasman Lassa di depan seluruh OPD lingkup Pemkab Donggala dan di hadiri oleh forkopimda.

“Karena bersifat instruksi maka kami mengambil sikap untuk menjalankan perintah tersebut,” Ujar Kasman Lassa, saat rapat berlangsung diruang kerja Bupati Donggala, Selasa (17/03/2020) siang.

Sehubungan dengan hal yang disampaikan oleh (Kemendikbud), maka mulai hari ini Selasa tertanggal 17 Maret 2020, proses belajar mengajar di lingkungan PAUD, TK, SD dan SMP di liburkan sementara selama 2 pekan (14 hari-red).

Untuk tingkat SMA/SMK, karena menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi, maka instruksi dan pengumuman akan dilakukan secara tersendiri.

“Surat edaran pemberitahuan kepada sejumlah kepala sekolah untuk meliburkan muridnya dalam hal belajar mengajar, sudah disampaikan hari ini, Senin (16/3).” ungkap Bupati

Kasman menambahkan, dunia pendidikan tersebut diliburkan selama 2 pekan, diharapkan pihak guru terus memonitor perkembangan belajar siswa, termasuk memanfaatkan sarana pengajaran jarak jauh maupun penugasan penugasan yang bisa dilakukan secara online.

“Saya juga minta sekolah melalui grup komunikasi antara guru dengan wali murid dan juga Dinas Pendidikan Kab. Donggala untuk terus membangun komunikasi intens melalui media media online yang dimiliki.” Bebernya.

Selain Sekolah libur, Bupati juga meliburkan aktifitas tempat hiburan dan Hotel atau penginapan yang ada di Donggala.

“Untuk tempat obyek wisata di Donggala kami tambahkan tim terpadu selain dari Dispar ada juga dari dinkes. Kami juga akan melakukan pengawasan ketat terhadap aktifitas pada 3 pelabuhan yang ada di Donggala, sekaligus menghimbau kepada masyarakat agar tidak beraktifitas di atas kapal.” Ujarnya

Kemudian menindaklanjuti atas edaran dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) Republik Indonesia, untuk ASN lingkup Pemkab. Donggala juga akan meliburkan selama 2 pekan juga.

“Namun kepentingan – kepentingan terkait kedinasan, kalau tidak bisa dilakukan di kantor bisa dilakukan di rumah. Bagi ASN yang tidak masuk kantor melebihi 2 pekan akan saya kenakan sanksi.” Tegasnya.

Sementara itu, Bupati Kasman Juga menjaga ketat pada 5 titik akses pintu masuk perbatasan jalan atar Kabupaten menuju Donggala.

“Akses tersebut tidak ditutup semua, hanya saja kita tetap waspada dan antisipasi,” Tegasnya.

Reporter : BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here