Antisipasi dan Himbauan Covid 19 Berikut Langkah Dinkes Kabupaten Donggala

0
26

Foto : Kadis Kesehatan Dr Muzzakir (F-BAIM/matarakyatindo.com)

DONGGALA | matarakyatindo.com – Terkait himbauan merebaknya Virus Corona (Covid 19) yang mendunia hingga nasional Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Donggala mengikuti himbauan Presiden RI melalui Pemerintah Daerah (Pemda) lewat Gubernur kemudian diteruskan kepada Bupati melalui surat edaran.

Hal itu dikatakan, Kadis Kesehatan Kabupaten Donggala, Dr. Muzzakir saat dikonfirmasi sejumlah wartawan diruang kerjanya, Senin (23/03/2020) siang kemarin.

Olehnya langkah yang telah dilakukan Dinkes Donggala, yang pertama telah melakukan rapat koordinasi dengan Gubernur Sulteng dan 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mengenai tanggap penanganan Covid 19 alias Virus Corona.

“Dari hasil rapat koordinasi, yang pertama menjadi sasaran kami yaitu tempat umum, kedua adalah warga pulang dari luar kota, dimaksud berpergian keluar negeri, dengan mengantisipasi warga terpapar virus positif, seperti dari Makassar, Singapura, dan Hongkong,” katanya.

Dijelaskannya, adapun istilah dalam kesehatan Orang dalam pemantuan (ODP) adalah orang dalam ciri-ciri khusus yang mengarah ke gejala positif, tanpa menjustifikasi, akan tetapi melalui proses langkah pertama ODP, kemudian ditingkatkan ke Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ,itupun belum bisa dikatakan positif Covid.

“Nanti setelah pasien PDP akan dilakukan pemeriksaan laboratorium, nantinya berdasarkan laporan Tim kesehatan inilah menyimpulkan bahwa pasien itu positif melalui pemeriksaan laboratorium yang direkomendasikan pemerintah, dalam hal ini Laboratorium RSUD Dr.Wahidin Makassar,” sebutnya.

Diakhir wawancara, berdasarkan himbauan pihaknya telah mewaspadai sejumlah tempat umum salah satunya adalah Pelabuhan Tua Donggala, dimana pihaknya bekerjasama dengan Tim Kesehatan pelabuhan berkoordinasi dengan puskesmas yang wilayah kerjanya melakukan pemantauan, penyemprotan disenfektan di lingkungan sekitar termasuk pasar tradisional modern.

Reporter : BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here