Astaga..!! Aset Desa Supilopong di Parimo Dipertanyakan

0
379
Kepala Desa Supilopong, Drs. Riadi Arifin (Foto : Yunus)

Parimo – matarakyatindo.com Mantan Kepala Desa Supilopong, Kecamatan Tomini, Kabupaten Parigi Moutong, Halil diduga belum mengembalikan sebagian aset desa yang dikuasainya semasa dia masih menjabat sebagai kepala desa. Sementara saat ini masa jabatan yang bersangkutan telah habis.

Seperti halnya serah terima jabatan antara dirinya dan kepala desa yang baru, semua aset-aset yang dikuasainya harus dikembalikan kepada desa, dan diterima oleh pejabat kepala desa yang baru.

Namun, hal ini tidak dilakukan sama sekali oleh Halil, mantan kepala Desa Supilopong.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa Supilopong baru, Drs. Riadi Arifin pada Senin (20/01/2020) saat di temui di ruang kerjanya Kantor Desa Supilopong, dijelaskannya bahwa ada beberapa aset desa yang hingga saat ini belum di ketahui keberadaan dan kejelasannya.

“Ada beberapa aset desa yang belum dikembalikan oleh mantan (Halil), antara lain satu unit Perahu nelayan yang diduga telah di bawa di wilayah Palasa dengan anggaran 16jt, dan dokumennya, serta surat-surat penting yang berkaitan dengan aset-aset desa lainnya.”

Lebih jauh dijelaskan oleh Riadi bahwa pihaknya sudah berulang kali menyampaikan hal ini kepada mantan kades,

“Kita sudah berkali-kali memberitahu kepada mantan kepala desa agar mengembalikan semua aset yang dia kuasai. Namun, sejauh ini yang bersangkutan belum juga mengembalikan aset-aset tersebut, baru sebagian yang dikembalikan” Imbuhnya

“Seharusnya apa yang menjadi hak desa harus dikembalikan ke desa, apalagi yang bersangkutan tidak lagi menjabat sebagai pemimpin di Desa Supilopong ini,” Katanya.

“Dalam waktu dekat ini kita dan anggota BPD lainnya akan mengadakan musyawarah terkait persoalan aset yang diduga masih dikuasai oleh mantan kepala desa,” Tambahnya.

“Akan kita surati dan kita kasih tahu yang bersangkutan agar mengembalikan aset-aset yang ada, apalagi saat ini masyarakat Supilopong selalu mempertanyakan soal aset desa yang tak kunjung diserahkan oleh Halil selaku mantan kepala desa,” Katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua BPD Desa Supilopong Jamal, SP bahwa benar adanya anggaran 2019 untuk pembuatan 1 unit perahu dengan jumlah anggaran 16jt.

Dia membenarkan apa yang dikatakan oleh Kepala Desa saat ini, Drs. Riadi Arifin.

“Benar, apa yang dikatakan Pak Riadi, memang aset desa di sini sebagian tidak ada kejelasan. Ada beberapa aset desa yang tidak diserahkan Pak Halil ke kepala desa terpilih, yaitu Pak Riadi, terbukti hingga saat ini Mantan Kepala Desa sebelumnya belum menyerahkan laporan dokumen terkait Aset desa di Supilopong selama masa kepemimpinannya, itu artinya Aset Desa belum di serahkan sepenuhnya, dan mengenai pengadaan 1 unit perahu tersebut dengan anggaran 16jt tahun 2019, sejauh ini tidak jelas siapa pemiliknya, karena pemerintah desa sebelumnya tidak pernah memberikan informasi mengenai siapa dan kepada kelompok mana seharusnya perahu tersebut akan diserahkan ” Katanya.

Terkait hal ini, saat mantan Kepala Desa Supilopong, Halil dikonfirmasi via telvon genggamnya pada Rabu (22/01/2020), namun belum bisa terhubung.

Reporter : Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here