Astaga, Banjir Bandang dan Lumpur Terjang Desa Poi, Dolo Selatan

0
252

SIGI || matarakyatindo.com – Untuk kali kedua, Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan yang terletak di Kabupaten Sigi Biromaru kembali di Landa Banjir Bandang disertai lumpur, pada Minggu pagi sekitar pukul 05.01 Wita (8/12/2019).

Banjir bandang yang diakibatkan hujan deras yang melanda daerah Dolo Selatan dan sekitarnya semalam hingga subuh hari. Akibatnya, sungai tak mampu menampung debet air yang disertai lumpur, sehingga meluap ke jalan dan rumah warga.

“Mulai tadi pagi itu kita bersama Tim Gabungan Basarnas, dan TNI-Polri meninjau lokasi banjir di Dusun III Desa Poi ini. Banjir bandang ini diakibatkan sedimen atau endapan di Gunung akibat Gempa & Liquefaksi 28 September silam itu yang mengakibatkan banjir langganan,” ujar Camat Dolo Selatan, Djalil S.P kepada wartawan, Minggu siang.

Menurut keteranganya, Desa Poi sudah termasuk kategori zona merah, pasalnya sedimen (endapan) yang ada diatas Gunung saat ini telah terbuka, turun beserta banjir dan kali kedua terjadi setelah Desa tetangga Bangga, olehnya pihak terkait mengantisipasi serta melakukan normalisasi dengan alat berat.

“Malam hingga pagi menjelang siang, selama empat hari akses jalan lumpuh total dan mengakibatkan lalu lintas macet. Tapi usai diantisipasi dengan pembersihan jalan oleh alat berat, jalur kendaraan mulai perlahan lancar kembali. Untuk korban jiwa tidak ada, kalau pagi tadi sempat lumpuh sekitar enam jam lamanya,” ungkap Djalil.

Olehnya itu pihaknya menghimbau warganya harus pindah ke lokasi aman, kemudian harapanya untuk pemerintah Kabupaten khususnya Bupati tanggap darurat, pasalnya Dusun I sampai III harus di kosongkan dan relokasi ke zona aman, mengingat bulan Desember 2019 akhir tahun memasuki musim penghujan intensitas berat.

Sementara itu, Sarfin S.E selaku kepala Desa Poi yang ditemui sejumlah awak media saat dilokasi mengatakan, jumlah warga yang terdampak diperkirakan mencapai 75 Kepala Keluarga (KK), dari Total 281 keseluruhan warga dusun I sampai III.

Reporter : BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here