Astaga…! Bisanya Ada Oknum Pakai Nama Bhayangkara Sebagai Media Online..? Secara Bijak Polisi Menjawab

0
508

PARIMO | matarakyatindo.com – Nama Bhayangkara saat ini telah dipakai oknum wartawan sebagai media Online yang kini ‘menjelajah’ wilayah Kabupaten Parigi Moutong melakukan wawancara di sejumlah OPD.

Yang jadi pertanyaan terhadap sejumlah rekan wartawan yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Parimo (IJP), bisakah nama Bhayangkara digunakan sebagai nama media ?

Ini salah satu tanda pengenal yang dipakai seseorang oknum wartawan bhayangkara /F-ist

Salah seorang rekan wartawan dari koran terbesar di Sulteng juga mengomentari hal tersebut melalui WA grup pagi tadi “ada aturan yang tegas dari Dewan Pers, terkait dengan nama lembaga negara, atau lembaga hukum negara, yang tidak boleh digunakn sebagai nama institusi pers untuk menghindari penyalahgunaan๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™.

Demikian halnya pengakuan dari Lembaga Merah Putih (LMP) wilayah Parimo, Risman mengatakan Jika dilihat dari bahasa Sanskertanya, bhayangkara berarti garang, hebat; nama pasukan pengawal elit kerajaan Majapahit; adalah bintang penghargaan yang dianugerahkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai bintang kepahlawanan untuk anggota kepolisan yang telah menunjukkan keberanian, kebijaksanaan serta ketabahan dan hanya bisa digunakan oleh Institusi Kepolisian RI.

“Patut dicurigai adanya modus penipuan baru dengan meminta dana pada pengusaha / instansi pemerintah, dengan alasan koordinasi yang ujung-ujungnya meminta sejumlah aggaran. Yang kena dampaknya adalah institusi Kepolisian, termasuk kelompok wartawan di Parimo” ungkapnya.

Beruntung saat ini pihak Kepolisian melalui Humas Polres Parigi Moutong sudah mengantongi identitas pelaku dan akan mendalami informasi tersebut apakah telah memenuhi unsur pidana guna penangkapan oknum ataupun kelompok sindikat dimaksud.

“Di himbau agar semua pihak lebih bijaksana bila ada oknum yang sengaja memakai nama Bhayangkara demi kepentingan pribadinya” tulis Humas Polres melalui press rilisnya sore ini.

Pihak Kepolisian Resort Parimo meminta agar semua pihak mewaspadai dan tidak merespon oknum yang memakai nama bhayangkara atau seakan-akan Polri yang meminta minta dana ke pengusaha / istansi pemerintah.

Karena menurut informasi ada modus penipuan yang melakukan pungli dengan membawa nama Bhayangkara meminta minta dana pada sejumlah pengusaha & instansi terkait. Atau melakukan hal yang tidak semestinya dilakukan.

Dihimbau pada masyarakat bila ada hal semacam tersebut untuk dilaporkan pada Kepolisian setempat, karena sudah banyak korban dari modus oknum dimaksud.

“Sekali lagi di tegaskan… Agar masyarakat bijak & melaporkan untuk proses hukum selanjutnya” tulis Humas Polres.

Sumber : Humas Polres Parimo / Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here