Baksos Sapu Bersih Pantai Labota di Ikuti 300 Lebih Warga Dari Berbagai Komunitas

0
276

Morowali || matarakyatindo.com Giat Bakti Sosial (Baksos) lingkungan kembali dilakukan Camat Bahodopi bersama sejumlah komponen masyarakat Bahodopi, setelah beberapa pekan lalu dilaksanakan giat pembersihan sampah-sampah yang berserakan disepanjang jalan Trans Sulawesi diwilayah Kec.Bahodopi.

Kali ini giat Baksos bersih-bersih lingkungan fokus di pantai Desa Labota Kec.Bahodopi Kab.Morowali, dengan melibatkan 300 lebih warga dari berbagai komunitas, yang dilaksanakan pada hari Sabtu (25/1) mulai Pukul 6:30 Wita hingga selesai.

Camat Bahodopi Tahir SE.M.Adm.SDA, saat berbincang dengan media ini menjelaskan giat Baksos yang difokuskan di pantai Desa Labota untuk sapu bersih sampah-sampah yang berserakan disepanjang pesisir pantai sehingga lingkungan yang ada bebas dari berbagai sampah, khususnya sampah yang berbahan plastik.

Dengan begitu, habitat perairan termasuk ekosistem yang ada dipesisir pantai terbebas dari pencemaran lingkungan. Sebab sampah yang berbahan plastik sangat berbahaya, bila sudah meluas hingga kelaut apalagi sampai dimakan oleh ikan-ikan diperairan laut, sangat tidak baik untuk kesehatan ketika ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia.

”Olehnya, melalui giat ini kita berharap seluruh masyarakat Bahodopi menyadari pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi sampai membuang sampah ke laut sangat tidak baik,” Terang Tahir seraya menghimbau.

Adapun berbagai komunitas yang melibatkan diri dalam giat tersebut yakni:
1. Kerukunan/paguyuban/organda
2. Komunitas pemerhati/pegiat Lingkungan
3. Komunitas motor
4. SENKOM Bahodopi
5. FOREL Bahodopi
6. Boegist Adventure
7. Emergency
8. OPLH Agathis
9. Ormas2 lainnya
Se-Kecamatan Bahodopi

Selain komunitas diatas, giat tersebut juga dihadiri sejumlah jemaat dan pengurus Gereja Oikumene kawasan industri PT.IMIP, untuk mendukung terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat serta Bahodopi bebas dari sampah.

Salah satu pengurus Gereja Oikumene kawasan industri PT.IMIP Bahodopi Pricillia Tarema kepada media ini mengapresiasi gebrakan yang dilakukan Camat Bahodopi untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah.

”Kami sangat apresiasi upaya Pak Camat Bahodopi untuk menciptakan lingkungan bersih dan bebas sampah, sehingga bersama sejumlah jemaat dan pengurus Gereja Oikumene IMIP melibatkan diri sebagai bentuk dukungan untuk bersama-sama melestarikan lingkungan yang bersih dan bebas sampah,” Terang Pricillia.

Senada Kades Labota Ahmar, sangat mendukung upaya Camat Bahodopi dalam menciptakan lingkungan bersih yang bebas dari sampah.

Apalagi saat ini ledakan penduduk yang begitu besar di wilayah Bahodopi sekitar dampak dari kehadiran perusahaan tambang, maka seiring itu pula tumbuhnya persoalan sampah yang bakal jadi momok.

”Olehnya, harus ditangani sejak dini kalau bukan kita yang peduli siapa lagi kalau bukan sekarang kapan lagi,” Terangnya.

Selain Camat Bahodopi dan berbagai Komunitas, turut hadir anggota Koramil Bahodopi Babinsa Sertu Basri, Anggota Polsek Bahodopi Babinkamtibmas Labota, kades Bete-Bete Ridwan, Kades Labota Ahmar, dan Kades Makarti Abd.Hakim.

Reporter : TAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here