Balai Bahasa Sulteng Gelar Gebyar Literasi di Parigi Moutong

0
627

PARIMO | matarakyatindo.com – Pelaksanaan gebyar literasi tahun 2019 yang dilaksanakan selama 3 hari sejak hari ini (29 – 31/10) di Aula Indoor Kantor Bupati, nantinya akan diisi dengan Lomba Penulisan Esai bagi siswa SD, SMP, SMA/SMK, dan Komunitas Baca se-Kabupaten Parigi Moutong.

Ketua Panitia Dr. Herawati, M.A, mengatakan bentuk pelaksanaan kegiatan ini berupa lomba penulisan esai bagi siswa SD, SMP, SMA/SMK dan Komunitas Baca berupa pemaparan, ceramah, tanya jawab, bimbingan, dan praktik baik berliterasi baca-tulis berupa lomba penulisan esai.

“Sebanyak 800 peserta ikut pada kegiatan ini, mereka adalah siswa SD, SMP dan SMA, komunitas baca, guru pendamping, dan guru PAUD” ucap Herawati.

Sementara itu Kepala Balai Bahasa Sulawesi Tengah Drs. Adri, M.Pd mengatakan Balai Bahasa Sulawesi Tengah yang merupakan UPT Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan Diseminasi Gerakan Literasi Nasional (GLN) untuk penyebarluasan informasi literasi baca tulis.

Menurutnya kegiatan ini bertujuan memperkuat komitmen peserta didik dan komunitas baca dalam mendorong penumbuhan budaya literasi dapat dipahami sebagai kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis.

penguasaan literasi merupakan indikator penting untuk meningkatkan prestasi generasi muda dalam mencapai kesuksesan “Penanaman literasi sedini mungkin harus disadari karena modal utama dalam mewujudkan bangsa yang cerdas dan berbudaya” Ujar Adri.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE saat membuka kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa permasalahan dihadapi saat ini ialah perkembangan bahasa yang sangat cepat, banyak bahasa asing yang kini sudah di indonesiakan dan malah sudah jadi hal yang biasa untuk digunakan padahal sosialisasi tentang penggunaan bahasa indonesia yang benar sudah sering kali dilakukan.

Badrun berharap kegiatan ini dapat menjadi pintu gerbang meningkatkan skala literasi di Kabupaten Parigi Moutong.

“Kualitas masyarakat, terutama generasi milenial perlu dibentengi dengan budaya membaca dan menulis yang tinggi, terlebih di era modernisasi saat gempuran media sosial semakin tinggi. ”ucap Wabup

Sumber : Humas Parigi Moutong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here