Bawaslu Parimo Buka Rekrutmen Panwascam…!!! Ini Kata Muchlis Aswad

0
418

PARIMO || matarakyatindo.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Parigi Moutong secara serentak membuka pendaftaran calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah dan Pilgub 2020 mendatang.

Untuk seleksi Panwascam masih dalam tahapan sosialisasi tahapan rekrutmen, dan pengambilan berkas formulir pendaftaran dikantor sekertariat Bawaslu Parimo.

Ketua Bawaslu Kabupaten Parigi Moutong, Muchlis Aswad mengatakan, tahapan sosialisasi ini akan berlangsung hingga Desember 2019, dikatakannya bahwa ntuk pendaftaran dan pemasukan berkas akan berlangsung dari tanggal 27 sampai dengan 3 Desember 2019,” ujar Muchlis, Selasa (26/11/2019).

Menurut ketua Bawaslu, sejumlah syarat yang wajib dipenuhi oleh calon Panwascam, yakni berusia minimal 25 tahun, pendidikan terakhir minimal SMA, tidak pernah dipidana, bukan anggota partai politik dan tidak pernah menjadi tim sukses sekurang-kurangnya lima tahun terakhir. “Selain itu, ada juga sejumlah syarat administrasi yang harus dipenuh oleh calon pelamar,” tuturnya.

“Muchlis, menjelaskan, form pendaftaran bisa di ambil di kantor Sekretariat dan juga dapat diunduh langsung di laman atau akun media sosial dan laman Bawaslu Parimo” terangnya.

Khusus yang berada di Kecamatan Tinombo s/d Moutong bisa langsung mengunduh formulir pendaftaran di website Bawaslu Parimo. Dan bagi masyarakat yang memenuhi syarat sebagai panwascam diajak untuk bergabung dan menjadi pengawas dalam pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang, jelas Muchlis.

Sedangkan yang dibyatakan lolos tahap administrasi, akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes tertulis dan tes wawancara.

“Tes tertulis calon anggota Panwascam Pilkada 2020 rencananya akan dilakukan dengan sistem CAT socrative. Dengan sistem ini hasil bisa langsung diketahui. Mereka yang lolos akan dilantik sebagai Panwascam” Jelasnya.

Dalam Pilkada 2020, Bawaslu akan merekrut sesuai kebutuhan kuota Panwascam di 23 kecamatan. Setelah dilantik mereka akan ditugaskan di masing-masing kecamatan berjumlah 3 orang Panwascam,” tutupnya.

Reporter : Deni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here