Begini Tujuan FGD Bapenda Bentuk Asosiasi Petani Sarang Walet di Parimo

0
464

PARIMO || matarakyatindo.com – Pertemuan forum group Discussion yang di selenggarakan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Parigi Moutong, untuk menyarankan pembentukan asosiasi pengusah sarang walet.

“Diharapkan untuk ke depan harus terbentuk asosisasi pengusaha sarang walet, supaya bisa menjadi jembatan dalam memberlakuan dan menjalankan peratuan daerah tentang ekspor sarang walet di daerah ini”.

Demikian pernyataan Kepala Badan Pendapatan melalui, “Jemmi Hariyanto ST MSi selaku Kabid Pengembangan dan Evaluasi Pendapatan.

Menurutnya, dengan adanya asosiasi tersebut, maka semua bisa dipermudahkan dalam singkronisasi dan menjalankan perda atau aturan yang nantinya diberlakukan.

Bila nanti terbentuk asosiasi pengusaha rumah sarang walet, tentu akan memudahkan koordinasi sehingga menjadikan sumber PAD (pendapatan asli daerah) yang kuat dan baik, jelas Jemmi.

Di Parigi Moutong sendiri telah memiliki rumah sarang walet hampir mencapai 1000 lebih. Namun hanya 765 lebih yang baru efektif, dan minimal 50%. Hal ini berdasarkan data yang tercatat di Bapenda.

“Ini perlu adanya asosiasi walet yang terbentuk dan di akui oleh Pemda dan di daftarkan melalui Kesbangpol agar terakumulasi sebagai legal standing” urainya.

Dia mengharapkan kepada para pengusaha sarang burung walet agar dapat membentuk asosiasi atau himpunan pengusaha burung walet, sehingga lebih memudahkan dalam kepengurusan izin serta pembayaran pajak bagi seluruh pengusaha burung walet.

Kini pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kementerian perdagangan dan pihak investor di Jakarta bersama Wakil Bupati. Hal ini dilakukan untuk mendatangkan investor di Kabupaten Parigi Moutong dalam upaya memperkenalkan hasil budidaya sarang walet.

“Inn syaa Allah di awal tahun 2020 investor akan bertandang ke Parimo guna mengambil salah satu sampel dari hasil walet yang ada, terangnya.

Reporter : Deni
Editor : Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here