Bimtek KPU Parimo Dinilai Belum Maksimal.!! Salah Satu KPPS Bolehkan KTP Sementara ‘Sebagai Akses’ Untuk Memilih

0
259

Parimo || matarakyatindo.com Pada hari Rabu tanggal 09 Desember 2020 bertempat di TPS 2 Desa Ambason Mekar Kec. Tinombo Kab. Parigi Moutong telah ditemukan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh ANWAR yang memilih dengan menggunakan Surat keterangan Domisili dari Kepala Desa Ambason Mekar Kec. Tinombo Kab. Parigi Moutong

Identitas yang berhasil diperoleh media yang memilih Colon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Tahun 2020 menggunakan Surat keterangan Domisili, yaitu :

Nama : ANWAR
Ttl : Bainaa 05 Juli 1991
Agama : Islam.
Pekerjaan : Petani.
Alamat : Dusun 4 Bendungan Desa Ambason mekar kec. Tinombo Kab. Parigi Moutong

Adapun Kronologis kejadian sebagai berikut :

Dari hasil pengawasan di TPS 2 Desa Ambason Mekar Kec. Tinombo telah dilakukan pengawasan pemungutan dan perhitungan surat suara oleh Pengawas TPS.

Dari hasil pengawasan bahwa ditemukan adanya pemilih yang menggunakan surat keterangan Domisili dari Desa, akan tetapi yang bersangkutan memiliki kartu keluarga yang diterbitkan oleh Dinas Dukcapil kab. Parigi Moutong, namun KPPS TPS 2 Desa Ambason Mekar membolehkan untuk menggunakan hak pilihnya.

“Dan setelah yang bersangkutan menggunakan hak pilihnya, kemudian KPPS memeriksa dan meminta yang bersangkutan untuk menunjukkan kartu keluarga yang diterbitkan oleh Dinas Dukcapul kab. Parigi Moutong” Ungkap Sumber kepada media matarakyatindo.com

Pada saat itu sebenarnya yang bersangkutan tidak memaksakan untuk memberikan hak pilihnya, akan tetapi yang bersangkutan sempat bertanya kepada KPPS, ” Apakah saya boleh memilih atau tidak? dan KPPS menjawab dan menyampaikan kepada yang bersangkutan untuk boleh memilih.

Dalam PKPU nomor 18 tahun 2020 sangat jelas diatur bahwa pemilih yang tidak terdaftar dalam Daftar pemilih tetap (DPT) bisa menggunakan hak pilihnya dengan membawa KTP el atau Surat Keterangan (telah melakukan perekaman).

Reporter : TIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here