Binmas Polres Parimo Menyasar Desa, Beri Penyuluhan Bahaya Narkoba

0
321
AIPDA Erwin L saat memberikan materi bahaya narkoba di Aula Desa Supilopong Kecamatan Tomini (Foto : Yunus)

Parimo – matarakyatindo.com Genderang perang terhadap “Wabah” Narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) yang telah ditabuh oleh pemerintah sejak awal tahun 2016 lalu, patut di sikapi serius oleh seluruh pihak dengan langkah-langkah nyata, terutama oleh pihak Kepolisian yang di tuntut tidak hanya melakukan penegakan hukum namun juga memaksimalkan upaya pencegahan.

Menyikapi itu, Kepolisian Resort (Polres) Parigi Moutong (Parimo) melalui Satuan Binmas Parimo, kontinu menggelar aksi tatap muka kepada masyarakat hingga ke tingkat Desa, sembari memberikan penyuluhan akan bahaya Narkoba yang sedang mengancam sekarang ini.

Seperti aksi penyuluhan penyalahgunaan narkotika yang dilaksanakan di Desa Supilopong Kecamatan Tomini, Sabtu (21/09/2019), bertemakan penyuluhan, pencegahan, penyalahgunaan Narkoba dan dampaknya secara hukum ditinjau dari UU no. 35 thn 2009 dan secara medis.

Kegiatan dihelat di balai Desa itu mendapat antusias masyarakat. Sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda, tampak hadir hadir pula Bhabinkamtibmas Brigpol Heriawan, Pembawa Acara AIPDA Zulham, AIPDA Arwin mendengarkan pemaparan dari Kaur Bin OPS Binmas Polres Parigi Moutong AIPDA, Erwin L serta Pemerintah Kecamatan Tomini dan Pemerintah Desa Supilopong setempat.

“Efek narkoba berbahaya bagi kesehatan, ketika sesorang sudah terjerumus kecanduan narkotika akan sulit keluar dari candu dan butuh rehabilitasi yang panjang untuk melupakan obat-obatan terlarang tersebut, belum lagi kalau generasi terpapar radikalisme dan hingga korupsi” kata AIPDA Erwin L menjelaskan.

Dia juga menekankan hukuman berat menanti siapa saja yang bermain-main dengan narkoba.

“Hukum yg akan menjerat Pelaku pemilik narkotika diatur dalam UU No 35 Tahun 2009,” ungkapnya.

Terpisah, Halil selaku Kepala Desa Supilopong saat di tanya media matarakyatindo.com soal kegiatan itu, menyampaikan apresiasi terhadap Polres Parigi Moutong. Menurutnya kegiatan penyuluhan hingga ke Desa memang sangat di butuhkan sebagai langkah dini antisipasi, pasalnya para pelaku narkoba saat ini juga sedang menyasar lingkungan Desa menjerat masyarakat terutama kaum muda.

“Bagus seperti ini bila terus di lakukan, biar tidak sempat menjamur, desa memang rawan sekarang dengan Narkoba, jadi penting kegiatan seperti ini,” ujar Halil.

Dari pantauan media, kegiatan penyuluhan ini nampak di hadiri oleh sekitar 50 orang undangan.

Salah seorang peserta kegiatan penyuluhan bahaya narkoba ini, Aji mengaku sangat terbantu dalam sisi pendidikan terkait bahaya narkoba.

“Akhirnya kami lebih paham dan mengetahui akan bahaya narkoba, semakin yakin kami akan bahaya narkoba jika sampai generasi kami di gerogoti oleh narkoba ini, inilah ketakutan generasi bangsa saat ini yang harus cepat-cepat di lakukan upaya pencegahan” Ujar Aji

Reporter : Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here