BPKP Sulteng Memberikan Bimbingan Teknis Kepada 278 Kades Sebagai Penerima Dana Desa Versi 2.0.2

0
223

PARIGI MOUTONG | matarakyatindo.com – Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Parigi Moutong bekerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah memberikan Bimbingan Teknis penggunaan Aplikasi Siskeudes versi 2.0.2 untuk Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa kepada 287 desa penerima Dana Desa yang dibuka pada tanggal 3 Maret 2020 di Balai Pertemuan Hotel THS Parigi.

Penyelenggaraan Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi Siskeudes versi terbaru ini berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang merupakan penyempurnaan dari versi Siskeudes 2.0.1 yang dirilis pada tanggal 18 Desember 2018 dan berlangsung selama lima hari dengan diberlakukan tiga kelas berbeda.

Pemateri dari BPK Perwakilan Sulteng sedang memberikan bimbingan teknis kepada 287 Kades (F-Pde)

Wakil Bupati H. Badrun Nggai, SE dalam laporannya mengatakan, pemberian materi bimbingan teknis oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan provinsi Sulawesi Tengah sangat penting. Hal ini dimaksudkan agar penyelenggaraan administrasi desa dapat berlangsung tertib dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Jangan jadikan jabatan kades sebagai lapangan pekerjaan tetapi jadikan jabatan tersebut sebagai ladang amal bagi kita. Persoalannya, setiap yang melakukan hal negatif pasti akan diperhadapkan dengan hukum. Jangan juga sampai jalan terakhir menginap di hotel Olaya” kata Wabup.

Sementara, Kepala Dinas PMD Fit Dewana mengatakan, pemberian bimbingan teknis Aplikasi Siskeudes Versi 2.0.2 merupakan alat bantu dalam pengelolaan keuangan desa yang bertujuan untuk memudahkan pemerintah desa dalam pelaksanaan sistem keuangan desa berdasarkan Permendagri Nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang menggantikan Permendagri Nomor 113 tahun 2014.

Perubahan tersebut kata Fit cukup banyak berpengaruh pada aplikasi versi sebelumnya sehingga bimbangan teknis ini diharapkan dapat membantu seluruh desa dalam meningkatkan kapasitas pemerintahan desa dengan mengimplementasikan penggunaan Aplikasi Siskeudes Versi terbaru.

“Aplikasi Siskeudes ini adalah sebuah alat bantu untuk mempermudah desa dalam pengelolaan keuangan desa. Masing-masing desa sepatutnya harus paham substansi pengelolaan keuangan desa, sehingga hal-hal yang terinput ke dalam aplikasi dapat dipertanggungjawabkan,” kata mantan Camat Moutong ini.

Reporter : Sumardin (Pde)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here