Breaking News.!!! Polsek Tomini Kembali Amankan 3 Pelaku Penjambretan di Wilayahnya

0
698

Parimo – matarakyatindo.com Satreskrim Polsek Tomini kembali membekuk tiga pelaku spesialis Penjambretan. Mereka adalah Dandi, (18) beserta temannya Ryan (21) dan Uye (16) yang semuanya merupakan warga Desa Supilopong Kecamatan Tomini, Parigi Moutong, Senin (25/02/2019) malam.

“Tiga pelaku sudah berhasil kembali kita amankan, total tersangka sementara sudah Lima orang dan barang bukti hasil kejahatan telah kami disita dan Masih kita lakukan pengembangan,” beber  Wakapolsek Tomini Ipda Agus P. Raharjo yang didampingi  Kanit Reskrim Polsek Tomini, Brigadir  Suhendra, dan tiga orang anggota Polisi dari Pospol Mepanga yang masing – masing bernama Bripka Gatot, Brigadir Yayang Lucky dan Brigadir Hariawan  sesaat setelah melakukan  Penangkapan terhadap ketiga Tersangka baru.

Penangkapan jaringan ini bermula saat  terjadi aksi pencurian di Desa Kotaraya Kecamatan Mepanga, beberapa waktu lalu yang salah satu tersangkanya bernama Arun (20) Warga Ongka Malino Kecamatan Ongka Malino yang juga telah berdomisili di Desa Supilopong Kecamatan Tomini Serta Iki (21) yang merupakan warga Desa Ogotumubu Kecamatan Tomini.

Meskipun tersangkanya Arun dan Iki, sempat menjadi buron dan sering berpindah-pindah tempat persembunyian, hal ini tidak menyurutkan semangat dari Polsek Tomini yang di bawah pimpinan IPDA Hi. Haris bersama anggotanya demi menciptakan rasa aman bagi warganya dari tindakan kriminal di wilayah Hukum Polsek Tomini.

Dalam aksinya, sindikat ini sebelumnya  sempat menyasar Sebuah toko Elektronik Nayaka di Desa Kotaraya dan berhasil terekam kamera CCTV.

Meski beraksi di luar kecamatan, sindikat ini paham betul mencari sasaran dan telah berhasil menggasak sejumlah Handphone bermerek.

“Mereka memahami ciri-ciri toko maupun rumah kosong, sehingga memudahkan mereka dalam melancarkan aksinya” bebernya.

Dalam pengembangan kasus, ternyata ketiganya adalah pelaku pencurian dari sindikat Arun di dua tempat berbeda yakni di Kotaraya tepat Depan Sekolah SMP Negeri 1 Mepanga serta di Desa Sumber Agung yakni di depan Kios.

“Proses penyelidikannya akan terus kami kembangkan, tidak menutup kemungkinan bahwa banyaknya kasus pencurian di wilayah Tomini dan Mepanga turut melibatkan para pelaku” Tambahnya

Upaya petugas kepolisian dari Polsek Tomini  pun akhirnya membuahkan hasil.

“Pertama kita amankan pelaku Iki warga Desa Ogotumubu dan Arun di Supilopong, setelah itu kita amankan kembali  amankan Dandi dan Ryan setelah pengembangan kasus dan menyusul Uye” Imbuhnya.

Dari kelima pelaku polisi mendapatkan sejumlah barang bukti. Diantaranya dua buah  Handphone Oppo A37, Samsung J2 Prime dan dua buah sepeda motor Honda Beat berwarna Biru Putih dan  Yamaha Vega R warna biru yang semuanya tanpa  Nomor Polisi, kedua kendaraan bermotor tersebut digunakan para pelaku dalam melancarkan aksinya.

Sementara itu Kapolres Parimo, AKBP Zulham Efendi Lubis, SIK melalui Kapolsek Tomini IPDA Hi. Haris mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendalami kasus tersebut dan berharap kepada masyarakat untuk segera melaporkan Kasus Pencurian maupun kriminal lainnya di Polsek Tomini guna mengembangkan kasus ini.

“Kami Masih terus dalami pemeriksaan untuk melacak kemungkinan korban lain, dan kami berharap jika ada korban lainnya untuk segera melaporkan ke pihak kepolisian terdekat” tegasnya seraya menyebut pelaku akan dijerat pasal 363 ayat (1) ke 4e dan 5e KUHP.

Reporter : Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here