Bupati Aptripel Beberkan Pencapaian Pembangunan di Hut Morut Ke-6 Tahun

1
376

Morut – matarakyatindo.com Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) Kab.Morowali Utara (Morut) ke-6 tahun 2019 dipelataran halaman kantor bupati Morut pada (23/10), menjadi momentum repleksi bagi kepimpinan Aptripel-Asrar saat ini.

Berbagai capaian pembangunan yang sudah terlaksana maupun sementara berjalan, dipaparkan saat memberikan sambutan dihadapan peserta upacara maupun para undangan lainnya.

“Salah satu visi-misi kami peningkatan mutu pelayanan bidang kesehatan”, Ucap Bupati Morut Ir.Aptripel Tumimomor.

Ketua DPD Golkar Morut itu menjelaskan visi-misi yang menjadi janjinya kepada masyarakat akan berupaya tercapai hingga 100%, tekad inilah yang sementara sedang berjalan dalam proses pembangunan di berbagai bidang.

Untuk bidang kesehatan, Pemerintah daerah menargetkan terpenuhinya tenaga kesehatan sesuai standar Permenkes yaitu, semua Puskesmas terbangun infrastrukturnya sarana dan prasarana yang memadai.

Standar Permenkes sebanyak 11 unit sudah dibangun dari tahun 2016 hingga 2018, kemudian 3 lainnya sementara proses pembangunan.

Begitupun penyedian obat yang standar sesuai Permenkes, telah membuat terakreditasi nya 11 dari 14 Puskesmas yang lulus dasar Madya, selanjutnya pada akhir tahun ini Puskesmas akan melaksanakan akreditasi kartu yang sudah mencapai sekitar 97,8% dan ditargetkan tahun ini agar bisa mencapai 100%, Jelasnya.

Dijelaskan lebih jauh, bidang peningkatan infrastruktur telah dilaksanakan berbagai pembangunan jalan maupun pengaspalan dibeberapa kecamatan untuk memudahkan akses masyarakat.

“Kami informasikan bahwa panjang jalan akhir tahun 2015-2016 hanya sekitar 67 65,1% dan kondisi sampai tahun 2018 yang sudah ter aspal menjadi 131, 51 KM,” Paparnya.

Selanjutnya, penurunan tingkat kemiskinan masyarakat Kabupaten Morowali Utara pada tahun 2016-2018 turun 1,38% dari 16,901 menjadi 15, 53%.

Indeks pembangunan manusia atau biasa dikenal dengan istilah IPM Kabupaten Morowali Utara dalam konteks Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2018 tergolong baik yakni peringkat ke-5 dari 13 kabupaten kota Sulawesi Tengah setelah Kota Palu Morowali Poso dan Banggai, Jelasnya panjang lebar.

Bupati Morut pertama hasil Pilkada langsung itu menambahkan, bahwa Kab.Morut sebagai bagian dari NKRI tetap menghargai dan tidak melupakan sejarah.

Karena proses penyelenggaraan pemerintah maupun pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat daerah ini diwarnai oleh tetesan keringat kerja keras yang diawali oleh pejuang pembentukan Kabupaten Morowali Utara.

Secara silih berganti beberapa pimpinan yang dipunyai Kabupaten Morowali Utara memberikan kontribusi pembangunan di Kabupaten Morowali Utara.

“Bapak Ibu yang saya hormati, tema yang diangkat pada peringatan hari jadi Kabupaten Morowali Utara Tahun 2019 adalah, Melalui Peringatan hari jadi Kabupaten Morowali Utara kita semangat dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Morowali Utara yang kita tuju dan cita-citakan yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Morowali Utara yang sejahtera dan berdaya saing,” Terangnya.

Reporter : Patar

1 KOMENTAR

  1. Pencapaian pembangynan di Morut, dapat diacungkan jempol, namun masih banyak hal2 lain yang nenjadi PR pembangunan kita. Salah satunya adalah sektor pendidikan. Pendidikan di Morut, Peta mutu untuk SD sejak tahun 2016, 2017, dan 2018 urutan ke 13 dari 13 Kabupaten Kota, sementara utk SMP, urutan ke 7 dari 13 Kabupaten Kota di Sulawesi Tengah. Hal ini terjadi, bahwa sekolah ataupun yang berkepentingan terhadap pendidikan, belum memahami, tentang 8 standar nasional pendidikan yang menjadi target mutu pendidikan sesuai dengan peraturan per Undang Undangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here