Bupati Samsurizal Dilantik Sebagai Tosiaange di Tomini

0
1411

PARIGI MOUTONG || matarakyatindo.com – Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu dilantik sebagai Tosiaange di Tomini.

Pelantikan tersebut dilaksanakan secara adat Tomini bertempat di Halaman Kantor Camat Tomini, Sabtu (18/1/20).

Pelantikan atau penobatan sebagai Tosiaange kepada Bupati H Samsurizal Tombolotutu dilakukan oleh totua adat di Kecamatan Tomini.

“Tosiaange” merupakan asal kata dari bahasa Tialo yang artinya orang tua atau orang yang dituakan atau dihormati.

Camat Tomini Muktasim Cimu SPd MPd mengatakan, pelantikan Bupati Parigi Moutong sebagai Tosiaange bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Tomini ke-12 tahun 2020.

Kata ia, Kecamatan Tomini merupakan Kecamatan yang dihuni oleh berbagai etnis. Kecamatan Tomini banyak melahirkan sejarah termasuk dilantiknya pertama Raja Kuti Tombolotutu di batu pelantikan Raja Tomini.

“Kecamatan Tomini merupakan Kecamatan tertua dan menjadi saksi pelantikan Raja Kuti Tombolotutu pada saat itu. Raja Kuti Tombolotutu dilantik di lapangan batu batu Raja yang hingga saat ini batu itu masih ada ditengah lapangan Tomini,”Ungkapnya.

Lanjut Muktasim, Kecamatan Tomini saat ini berusia 12 tahun sejak 18 Januari 2008 hingga 18 Januari 2020, merupakan perjalanan panjang yang semakin hari semakin tumbuh memasuki usia baliq bagi manusia, sehingga kerinduan dengan hasil kerja keras menjadi ajang silaturrahmi bagi rakya Kecamatan Tomini sehingga dilaksanakan pula kegiatan yang bertajuk “Pekan Rakyat Tomini” sebagai momentum memupuk rasa kebersamaan, rasa kepemilikan, rasa kepedulian dari keragaman etnis dalam Wilayah Kecamatan Tomini.

“Pada kegiatan HUT Kecamatan Tomini, juga dilaksanakan Pekan Rakyat Tomini 2020, dengan menampilkan semua yang maju, semua yang unggul, semua yang terdepan, semua yamg unik dan semua yang khas Kecamatan Tomini. Ini terus kita pertahankan, kita lestarikan, dengan semangat persatuan dan kesatuan sebagai wujud warga Negara yang menjunjung tinggi warisan budaya leluhur kita,”Pungkasnya.

Sementara itu Bupati Parigi Moutong menyampaikan ucapan terima kasih atas penobatan yang diberikan kepadanya secara adat sebagai Tosiaange. Ia berharap Kecamatan Tomini semakin maju, samakin berdaya saing dan menjadi contoh bagi Kecamatan lain.

“Saya ucapkan terima kasih. Tabe, kepada totua Adat Kecamatan Tomini, kepada orang tua saya, kepada seluruh masyarakat Kecamatan Tomini atas dinobatkannya saya sebagai Tosiaange,”Imbuhnya.

“Atas nama Pemerintah saya berharap, Pemerintah Kecamatan Tomini dan masyarakat terus bahu membahu untuk membangun Kecamatan Tomini lebih baik lagi. Mari terus kita pertahankan Adat Istiadat dan Budaya Kita demi keberlangsungan dan kemajuan daerah kita Kabupaten Parigi Moutong,”Ujarnya.

Prosesi Pelantikan secara adat Tosiaange, Bupati Parigi Moutong didampingi istri tercinta Ny Dra Hj Noor Wachidah Prihartini S Tombolotutu serta dihadiri sejumlah Pejabat Tinggi di Kabupaten Parigi Moutong.

Sebelumnya, dalam rangka menyambut HUT Kecamatan Tomini ke- 12 telah dilaksanakan berbagai macam kegiatan lomba seperti Kuliner dan Stand Pasar Malam serta lomba Nyanyi di Kompleks Kantor Camat Tomini, dan lomba Olahraga yang dipusatkan di lapangan batu Raja Tomini, dan hari ini merupakan puncak Kegiatan HUT Kecamatan Tomini sekaligus ditutup secara resmi oleh Bupati Parigi Moutong kegiatan Pekan Rakyat Tomini 2020.

Penulis : Rislan / Diskominfo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here