Cegah Corona, Ratusan Pekerja Tambang Rakyat di Kayuboko ‘Bakal’ Dirapid Test

0
175
Wartawan : Sumardin (Pde)

PARIMO | matarakyatindo.com – Hasil ‘telusur’ wartawan matarakyatindo.com dilokasi tambang rakyat desa Kayuboko Kecamatan Parigi Barat Selasa (29/9/2020), tercatat ada seratusan pekerja mengais rejeki dilokasi tersebut.

Jumlah pekerja yang mencari nafkah dilokasi tambang emas saat ini mencapai tiga ratusan lebih, termasuk pekerja dari luar Sulawesi Tengah yang berjumlah 112 orang sesuai laporan Pemerintah desa Kayuboko melalui Sekertaris desa Rifandi kepada media ini.

“Dari catatan pekerja yang sudah melapor ke desa kami, terutama dari luar Sulawesi Tengah sebanyak 112 orang, karena sebelumnya ada 103 orang lalu ketambahan 9 orang, sedangkan lainnya adalah pekerja lokal kata Sekdes, Senin (28/9/2020)”.

Idham Panggagau SKM

Melihat banyaknya para pekerja tambang rakyat berdatangan dari luar Parigi Moutong, pihak Puskesmas wilayah Kecamatan Parigi Barat langsung melakukan dialog dengan Pemerintah Kecamatan diwakili Sekcam Irfan Siswono S.Sos serta Pemerintah desa Kayuboko terkait bahaya Covid-19.

“Ini menjadi perhatian bagi kami selaku pelayan medis atas perpanjang tangan dari Pemerintah Kabupaten soal pencegahan masuknya Corona melalui warga pendatang dari luar Parimo, sehingga kami langsung melaporkan kepihak Pemerintah daerah memohon petunjuknya” jelas Kepala Puskesmas Parigi Barat Idham Panggagau SKM kepada matarakyatindo.com, Selasa (29/9/2020).

Sebagai upaya mencegah masuknya virus yang berbahaya tersebut, pihaknya ‘bakal’ melakukan rapid test kepada warga pendatang guna mendeteksi mereka, apakah termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG) atau yang sudah terinfeksi virus Corona, terangnya.

Idham menambahkan, kesiapan rapid test yang tersedia di Puskesmas Parigi Barat sekitar 130 buah. Karena rapid test dilaksanakan untuk mendeteksi dengan cepat virus corona COVID-19 yang harus dilakukan segera. Siapa tau para pekerja itu pernah melakukan kontak dekat dengan pasien COVID-19 sebelum mereka tiba di lokasi tambang rakyat.

“Berdasarkan petunjuk Wakil Bupati, kami akan membuat surat dahulu yang ditujukan kepada Bupati Parigi Moutong sebagai pemberitahuan” terangnya.

Iphong Sekcam Parigi Barat

Bagaimana tanggapan pemerintah Kecamatan Parigi Barat terkait ide Kepala Puskesmas untuk melakukan rapid Test kepada pendatang di desa Kayuboko ? Camat Parigi Barat melalui Sekcamnya Ipong panggilan akrabnya sangat mendukung program pencegahan Covid-19 di wilayahnya.

“Ini adalah strategi Puskesmas yang paling baik, karena mereka sebagai terdepan dalam melakukan pencegahan masuknya Virus Corona di daerah ‘Songu Lara Mombangu’ yang hampir nihil dari ancaman covid-19. Semoga virus ini cepat berlalu” tutur Sekcam Parigi Barat. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here