Cegah Penyebaran Covid-19, Ini Upaya Dishub dan Dinkes Kota Palu

0
678
Kadis Dishub Kota Palu, Muhammad Arif Lamakarate (Foto : BIM)

PALU – matarakyatindo.com Tepat hari Senin (13/04/2020) Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu melakukan giat pemeriksaan kesehatan diperbatasan Kota Palu dan Kabupaten Donggala dimulakan hari ini tepat pukul 07.00 Wita hingga 22.00 atau jam 10 malam.

Hal itu dikatakan, Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kota Palu, Muhammad Arif Lamakarate, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, di Posko Kesehatan Penanganan Covid -19, di Kelurahan Watusampu, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu.

“Sejauh ini dihari pertama di perbatasan Kota Palu ini, hingga dengan pukul 11.30 Wita ini belum ada yang terindikasi atau Orang Dalam Pengawasan (OPD), “ungkap Arif.

Ditambahkanya, jika ada terindikasi pihaknya langsung melakukan SOP pemeriksaan kesehatan lengkap, dengan langkah pertama diperiksa melalui pos pemeriksaan, diawali cuci tangan terlebih dulu, kemudian para pengendara (warga) berantrian secara bergantian dicek kesehatanya oleh petugas Kesehatan.

“Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara lengkap, kemudian hasiln kesehatan lengkap, apakah ada terindikasi virus, akan dilakukan Rapid Test jika memang tidak terindikasi tetapi sesuai prosedur akan diarahkan ke pondok perawatan,” jelas Mantan Kasat Pol PP itu.

Untuk alat yang disiapkan pihaknya memakai Termal termogenik gun, dimana sebelum masuk harus dicek suhu tubuhnya, kemudian diperiksa fisik dan hasil pemeriksaan lengkap serta diarahkan ke pondok perawatan.

“Harapannya kedepan mohon kesabaran dan kerjasama warga Kota Palu, karena prosesnya membutuhkan waktu cukup lama, mudah mudahan dengan langkah ini bisa mencegah penyebaran daripada Covid -19 (Corona) khususnya di Kota Palu dan umumnya di Sulawesi Tengah (Sulteng),” tutupnya.

Reporter : BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here