Cuaca Ekstrim, KM Bintang Timur Poso Tenggelam, Seluruh ABK Selamat

0
263

PARIMO || matarakyatindo.com – Saat ini wilayah perairan (Laut) Teluk Tomini masih dilanda cuaca ekstrim dengan ketinggian ombak hingga empat meter dan selalu mengancam keselamatan para nelayan, sebagaimana yang terjadi pagi tadi, Kamis (18/2/2021) di perairan Sausu Tambu.

Informasi yang terhimpun matarakyatindo.com dari postingan Satuan Pol-Air Parimo melalui media sosial memperlihatkan bahwa salah satu kapal motor jaring ikan sebutan Pamo tenggelam di perairan lepas pantai desa Sausu Tambu Kecamatan Sausu Parigi Moutong.

Kepala desa Sausu Tambu, Astil kepada media ini membenarkan terjadinya kapal ikan yang karam pada pukul 05.30 WITA akibat besarnya ombak dan angin kencang menerjang laut Sausu Tambu dengan lokasi kejadian (TKP) di perkirakan 13 Mil dari bibir pantai Sausu Tambu.

“Memang benar ada Kapal ikan bintang timur Poso tengelam pagi tadi. Seluruh Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 20 orang dalam keadaan selamat, termasuk satu orang juru mudi (Kapten) dan di selamatkan oleh Satuan Pol-Air Polres Parimo (Sulteng)” jelas Astil.

Sementara, untuk badan kapal dan pukat serta peralatan lainnya tidak terselamatkan akibat ‘ganasnya’ ombak dan kencangnya angin barat daya yang bertiup.

Saat ini personil Pol-Airut bersama Kelompok warga masyarakat Sausu Tambu masih berada di pantai setelah melakukan tindakan penyelamatan selama tiga jam terhadap ABK yang tenggelam.

Nampak Kades Sausu Tambu, Astil sedang berbincang dengan Wakapolsek Sausu (F-Ist)

“Ini adalah bukti dan fakta POLAIRUT bersama Kades Sausu Tambu selalu senerjik untuk keselamatan terhadap anak negri yang butuh pertolongan dimanapun” kata Kades Sausu Tambu” ungkapnya.

Astil menambahkan, saat terdengar oleh masyarakat sekitar terjadinya kapal karam, seratusan warga mendatangi pantai wisata Sausu Tambu untuk melihat langsung evakuasi para ABK KM Bintang Timur Poso.

“Kasat POL-AIRUT, Waka Polsek Sausu, Kades Sausu Tambu hingga pukul 14.00 wita masih berada di pesisir pantai Sausu Tambu untuk terus memantau sampai benar benar selesai dilakukan efakuasi korban bertempat di pesisir pantai Karosondaya Sausu Tambu” tambahnya.

Penulis : Sumardin (Pde)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here