Cuaca ‘Ekstrim’ Sungai di Desa Malino Tujuh Kali Meluap Hingga Genangi Pemukiman Warga

0
165

PARIMO | matarakyatindo.com – Musim hujan dengan cuaca ‘ekstrim’ yang melanda wilayah Kabupaten Parigi Moutong akhir-akhir ini nampaknya belum terlihat tanda-tanda berhenti.

Banyak sungai yang meluap hingga merendam pemukiman warga, salah satunya sungai di desa Malino Kecamatan Ongka Malino kurun waktu satu tahun terakhir sudah tujuh kali meluap.

Masyarakat yang bermukim disejumlah desa yang berada diarea sungai Malino hingga kini terus mewaspadai cuaca yang tidak bersahabat.

Dari pantauan wartawan matarakyatindo.com di lokasi banjir, tercatat ada beberapa rumah yang tergenang air dan belum bisa di tinggalkan dikarenakan air yang masuk kedalam rumah belum surut-surut sehingga pemilik rumah mengungsi ke rumah-rumah tetangga yang tidak kena banjir.

Pengakuan salah seorang warga desa Malino bernama Ika kepada media ini menuturkan, dalam 1 tahun ini rumah miliknya sudah 7 kali terkena banjir, berakibat rumah sudah mulai miring karena sering tergenang air.

“Untung rumah saya berstruktur rumah panggung. Kalau bukan rumah panggung mungkin 2 minggu sesudah banjir baru bisa di tempati karena air belum surut-surut” urainya.

Reporter : Jeri Tendean / PDE 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here