Danrem 132/TDL Tanam Jagung Perdana di Lokasi Ketahanan Pangan Kodim 1308/LB

0
73

BANGGAI | matarakyatindo.com – Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, M.A bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Korem 132 PD XIII/Merdeka  Ny. Shally Farid Makruf yang didampingi Dandim 1308/LB Letkol Inf Fanny Pantouw, M.Tr.Han., M.I.Pol. dan Ketua Persit KCK Cab. XXII Kodim 1308 Koorcabrem 132 PD XIII/Merdeka Ny. Arisanti Fanny Pantouw, melakukan penanaman perdana jagung manis, ubi kayu dan nilam di lokasi ketahanan pangan Kodim 1308/LB, dengan tema “Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan, Wujud Kepedulian TNI AD Terhadap Perekonomian Bangsa”.

Kepada awak media Danrem mengungkapkan jika di hari pertama melaksanakan kunjungan kerjanya ia merasa bangga, karena mendapatkan suplus suprise dari Danramil 1308-04/Kintom Kapten Inf Herman bersama Babinsa. Dengan hal ini menandakan bahwa hubungan TNI dengan Pemda dan masyarakat begitu mesra,  sehingga masyarakat melalui Kades Sayambongin dengan hati ikhlas menyerahkan tanah seluas 8 hektar kepada TNI melalui Kodim 1308/LB.

Ini merupakan hal yang luar biasa, dan menunjukan akrabnya, hubungan antara masyarakat, Pemda dan TNI.

Adapun tanaman jangka pendek yang akan di tanam berupa jagung manis, singkong, pisang dan nilam. Untuk itu, masyarakat di harapkan dapat memanfaatkan lahan 8 hektar ini bersama-sama TNI Kodim 1308/LB untuk bersama-sama menanam kemudian panennya bisa dikirimkan ke kota Palu dan langsung ada pembelinya.

“Terkait program TNI, untuk kelanjutan dengan masyarakat agar selalu memanfaatan lahan tidur, misalnya masyarakat memiliki lahan 1 hektar dan mempunyai kelompok dan butuh bantuan Babinsa maka traktor brigade alat pertanian ( Alsintan ), akan membantu pengerjaanya,”Ujar Brigjen TNI Farid Makruf.

Sedangkan Dandim 1308/LB Letkol Inf Fanny Pantouw, mengatakan bahwa untuk sumber air di lokasi ketahanan pangan Kodim 1308/LB telah di siapkan air desa. Untuk bibit yang kita tanam di lokasi ketahanan pangan ini, untuk bibit nilam dan singkong dari masyarakat,Kecamatan Toili. Untuk bibit jagung, kita dapatkan dari Pemda, dan kita tanam ini semaksimal mungkin. Pembukaan lahan menggunakan alat berat.

Untuk penggunaan lahan Kodim 1308/LB, selain masyarakat yang berada di sekitar tempat ini, jika berkeinginan untuk sharing berbagi pengalaman, mau ikut bertanam di tempat ini, juga kita persilahkan.

“Jadi pada intinya, ini adalah tanah yang diberikan secara cuma-cuma dan kita manfaatkan semua untuk kepentingan kita bersama, karena ini untuk ketahanan pangan, supaya kita tidak kesulitan apabila situasi sangat sulit untuk kita mencari pangan atau Covid-19 ini semakin membuat kita semakin parah, kita bisa menggunakan bahan-bahan makanan yang ada di lokasi ini,”kata Dandim.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Setda Banggai Judi Amisudin, Kasi Intelrem 132/Tdl Letkol Kav Andi Prasetyo, Kasi Opsrem 132/Tdl Letkol Inf Elly Sitompul, Kasiren Korem 132/Tdl Letkol Cku Didin Saepudin, Danyon 714/Sintuwu Maroso Letkol Inf I Gusti Nyoman Martayasa, Kapenrem 132/Tdl Mayor Inf Ahmad Jayadi, Dantim Intelrem 132/Tdl Lettu Inf Stenly. Danramil 1308-04/Kintom Kapten Inf Herman berserta Para Babinsa Koramil-04/Mintom, Kapolsek Kintom Akp Muh. Asdar, SH., Wakil Ketua Persit KCK Koorcabrem 132 beserta Penggurus Persit KCK Koorcabrem 132/Tdl, Camat Nambo Nurhaya Hasan beserta Staf, Camat Kintom Makmur Lalekeng, Ketua Persit KCK Ranting-05/Kintom Ny. Herman beserta Ibu-ibu Persit Ranting-05/Kintom, Seluruh Kades dan Lurah se-Kecamatan Nambo, dan tamu undangan serta masyarakat Kecamatan Nambo.

Sumber : Humas Kodim

Reporter : Ramli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here