Luar Biasa..!! Desa Ambesia Barat Louncing Website Desa Pertama di Parimo

1
1593
Kepala Desa Ambesia Barat, Atim Daepatompo saat di dampingi aparat desa dalam Louncing pertama website Desa (Foto : Yunus)

Parimo – matarakyatindo.com Tempat boleh dipelosok, tapi melek teknologi tetap wajib. Itulah yang selalu dipegang teguh oleh Atim Daepatompo, Kepala Desa Ambesia Barat, Kecamatan Tomini, Parigi Moutong.

Semangat jiwa muda dalam membangun desa, telah mengantar dirinya berhasil mencetus teknologi pelayanan digital yang canggih di Desa Ambesia Barat yang di pimpinnya.

Website yang memiliki nama domain ambesiabarat.com ini menjadi satu -satunya website Desa yang pertama kalinya dibuat oleh Kepala Desa di Wilayah Kabupaten Parigi Moutong untuk bisa di akses langsung oleh seluruh lapisan masyarakat dalam maupun luar daerah.

Teknologi berbasis teknologi informasi ini memungkinkan masyarakat setempat bisa mengakses serta mendapat berbagai kemudahan dalam pelayanan dan administrasi kependudukan. Mulai dari pengurusan surat keterangan, Kartu Keluarga (KK), KTP, peta desa, progres pembangunan, hingga Transparansi Penggunaan Anggaran Dana Desa

Dan itu semua cukup diakses melalui smartphone maupun komputer. Lebih istimewa, pelayanan ala negara maju ini dilakukan perangkat Desa Ambesia Barat, 24 jam non stop. Dengan kata lain, dimana dan kapan pun berada, selama masih ada sinyal internet, mereka bisa mendapatkan berbagai informasi dan pelayanan tersebut.

Tampilan Website Desa Ambesia Barat dengan URL ambesiabarat.com (Foto : Yunus)

“Visi kita adalah desa Digital, berbasis data dan informasi publik,” ucap Atim, sapaan akrab Kades Ambesia Barat, Senin (29/7/2019).

Pada sistem pelayanan ini, lanjutnya, masyarakat bisa memperoleh langsung berbagai informasi yang ada di Desa Ambesia Barat.

“Di sini warga juga bisa memberikan informasi maupun saran dalam pembangunan desa dan Termasuk bisa mengakses data kependudukan secara online, misal saat ada pengecekan jumlah penduduk menurut Umur, Pendidikan, Tingkat Ekonomi, Jenis Kelamin maupun Pekerjaan, Data Penggunaan Anggaran, Dana BUMDes, Struktural Pemerintah Desa, Kegiatan-kegiatan, pokoknya semuanya bisa langsung dilihat, website akan menampilkan dengan cukup detail” Jelasnya.

Teknologi ini, kedepan nantinya akan  dilengkapi video live streaming dan data absensi perangkat desa. Jadi, sebelum datang ke kantor desa, warga bisa tahu siapa saja perangkat yang standby

“Dengan begitu masyarakat bisa memastikan bahwa mereka akan terlayani sesuai dengan pelayanan yang dibutuhkan, ini rencana kita kedepannya” ungkapnya.

Sejak menjadi Kepala Desa di Desa Ambesia Barat, Atim memang menekankan bahwa staf dan pegawai desa adalah pelayan masyarakat. Yang mana kinerja adalah hukumnya wajib, ternilai memuaskan oleh warga.

Sebagai informasi, Sistim Informasi Desa dengan Intregated Public Services, yang diterapkan di Desa Ambesia Barat, Kecamatan Tomini, Parigi Moutong, adalah sebagai bentuk dukungan Pemerintah Desa dalam visi dan misi Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu yakni E-Government, Pemerintah yang terintegrasi dengan Internet.

Pengembangan pelayanan berbasis internet ini dikembangkan dengan menggandeng APRILIA Web Design Development dengan URL domain di http://apriliawebdesign.com sebuah Perusahaan yang di bawah naungan PT. APRILIA GRUP yang merupakan usaha bergerak di berbagai bidang termasuk membuat website di Desa Ambesia Barat dan masih banyak lagi website perusahaan maupun lembaga pemerintah yang berhasil di buat, APRILIA Web Design Development telah bekerja dan mengembangkan berbagai aplikasi sejak tahun 2015.

“Dan semangat kami adalah kemudahan, kecepatan dan keterbukaan dalam pelayanan, serta membuktikan bahwa desa pelosok pun bisa memiliki teknologi pelayanan yang tidak kalah dengan perkotaan,” cetus Atim.

Sejak kepemimpinan Bupati H. Samsurizal Tombolotutu, Kabupaten Parigi Moutong, memang terus berbenah. Salah satunya dalam inovasi pelayanan berbasis teknologi informasi dan disini, Pemerintah Desa Ambesia Barat, selaku jajaran telah membuktikan menjadi yang terdepan.

Reporter : Yunus

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here