Diduga Galian C Tidak Berizin : Kades Siniung Terancam di Pidana !!

0
341

Sulut, Bolmong – matarakyatindo.com┬áDiduga melanggar undang-undang lingkungan hidup No. 32 pasal 109 dan UU Republik Indonesia No. 04 tahun 2009 tentang pertambangan batu bara dan mineral (Minerba) kades Siniung terancam dipidana.

Sesuai dengan informasi yang dihimpun oleh awak media matarakyatindo.com kepada beberapa masyarakat bahwa galain C milik kades Siniung yang berada dibawah jembatan gantung desa Siniung diduga sudah beroperasi sejak beberapa tahun lalu dan belum memiliki izin yang jelas.

Aktivis galian C yang ada di Desa Siniung sudah sangat meresahkan masyarakat selain itu juga galain C tersebut masi berada dalam wilayah perkebunan dari masyarakat namun selama ini tidak ada satupun masyarakat yang berani untuk mengungkap kasus tersebut.

“Sebenarnya masyarakat tidak setuju dengan aktivitas galian C tersebut salain daripada dampak yang nantinya juga akan dirasakan oleh masyarakat itu sendiri aktifitas galian itu berada pada wilayah perkebunan masyarakat, namun selama ini masyarakat takut untuk mengungkap kasus tersebut”, ungkap Frangky Manggopa selaku mantan sekdes desa siniung.

Frangky juga menambahkan bahwa kuat dugaan bagi masyarakat yang mana material itu tidak hanya diperuntukkan untuk desa siniung saja tapi untuk desa lain, karena di situ juga ada mesin penghisap pasir milik kepala desa.

“Harapan saya kiranya Kapolres Bolmong bisa segara mengambil sikap dalam kasus galian C itu jangan sampai berlarut-larut karena mengingat masyarakat yang akan mendapatkan imbasnya dari aktivitas galian C ini”, terangnya.

Dilain tempat Felix Karoles selaku TPK (tim pelaksana kerja) membenarkan bahwa “aktivitas galian C itu memang benar tapi saya tidak tau kalo dari kapan ini galian C karena saya juga masi baru dan saya tidak mengetahui apakah sudah ada izin atau tidak”, ungkapnya.

Filix juga menambahkan bahwa proyek tersebut dekelola Sangadi dengan mengunakan anggaran ADD (alokasi dana desa).

Sampai berita ini dirilis kepala desa siniung tidak mau dikonfirmasi walaupun sudah beberapa kali dihubungi oleh salah satu awak media matarakyatindo.com

Reporter : Vijay Karundeng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here