Dihadiri Camat Tomini, Desa Supilopong Gelar Musrenbang

0
278

Parimo – matarakyatindo.com Pemerintahan Desa Supilopong, Kecamatan Tomini menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembang Desa) 2019 di kantor desa setempat, Jumat (27/09/2019).

Kegiatan Musrenbangdes ini nampak di hadiri oleh Camat Tomini, Muktasim, S.Pd, M.Pd, Kapolsek Tomini IPDA Hi. Haris yang di wakili oleh Bhabinkamtibmas Brigpol Heriyawan, Kepala UPTD Pertanian dan UPTD Perikanan, Staf Kantor Camat, Pendamping  Desa Kecamatan Tomini, Rozhan Wilanda, Kepala Desa Supilopong Halil, Ketua BPD Supilopong, Kepala-kepala Dusun, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Tenaga Kesehatan dan masyarakat Desa Supilopong.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) perubahan, sebagai tindak lanjut dari implementasi Undang-Undang Desa.

Dalam Musyawarah yang dihadiri Camat Tomini, Muktasim, S.Pd, M.Pd tersebut akan disepakati Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2020.

Musrenbang Desa ini dibuka secara resmi oleh Camat Tomini yang diawali dengan Sambutan Kepala Desa Supilopong sebagai Kepala Pemerintahan di tingkat desa, sekaligus memberikan gambaran umum proses yang dilalui sampai kegiatan musrenbang dilakukan.

Camat Tomini, Muktasim, S.Pd, M.Pd mengatakan pada dasarnya kualitas perencanaan pembangunan desa sangat ditentukan oleh tingkat partisipasi seluruh elemen masyarakat.

“Rancangan Perencanaan Desa yang akan dibahas dan disepakati, benar-benar dari bawah, artinya kumpulan dari suara masyarakat. ide-ide masyarakat tersebut kemudian disusun oleh tim sebagai salah satu tahapan sebelum masuk di Musrenbang desa,” ujarnya.

Lanjutnya, dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada untuk mengusulkan program dalam rangka membangun bersama desa.

“Untuk itu, kami mengajak kepada semua masyarakat agar mengusulkan program untuk pembangunan di Desa – Desa yang ada di Kecamatan Tomini demi kepentingan masyarakat banyak,” katanya.

Dirinya juga menambahkan bahwa Pemerintah Kecamatan Tomini berharap bahwa Desa – Desa di Kecamatan Tomini sudah bisa berbasis IT.

“Saya punya cita-cita bahwa seluruh desa di Kecamatan Tomini sudah berbasis IT, masyarakat dan publik bisa beroleh informasi lebih terkait pembangunan dan administrasi desa” Tutupnya.

Reporter : Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here