Dikatakan Pemberi Hibah Oleh Pemerintah Desa Kelapa Lima, Begini Respon Penerima Rumah !!

0
238
Yakob Balaati, Kepala Desa Kelapa Lima Kec. Popayato Timur ( Foto : Ramlan Tangahu)

Pohuwato – matarakyatindo.com – Dikatakan sebagai Penerima Bantuan Rumah Komunitas Adat Terpencil (Kat) di Desa Kelap Lima, Kecamatan Popayato Timur, Kabupaten Pohuwato, harus sebagai Pemberi Tanah Hibah,” Selasa, (17/9/2019).

Pasalnya, Penerima Bantuan Rumah Kat tersebut tidak memberikan Tanah Hibahnya kepada Pemerintah Desa, akan tetapi tanah tersebut hanya ditukarkan dengan sejumlah Pohon Kelapa yang berada di Desa Kelapa Lima.

Kepala Desa Kelapa Lima Yakob Balaati menuturkan kepada matarakyatindo.com pada Minggu Malam (15/9), bahwa salah satu penerima Bantuan rumah tersebut adalah yang pemberi Hibah.

“HT karena dia Pemberi Hibah, jadi harus Di Kase,” Tuturnya.

Dia Menambahkan bahwa sesuai dengan aturan yang berlaku harus memberikan bantuan tersebut kepada yang menghibahkan lahannya untuk dibangunkan rumah tersebut.

“Sudah sesuai aturannya seperti itu, yang memberikan hibah mendapatkan bantuan rumah,” Tambahnya.

Ditempat yang berbeda, Reporter matarakyatindo.com mengkonfirmasi langsung kepada HT, Senin malam (16/9/2019), beliau menyampaikan bahwa mereka tidak mau jikalau lahan tersebut hanya dimintakan untuk dihibahkan begitu saja.

“Tanah itu saya tidak hibahkan, tapi hanya ditukarkan dengan sejumlah Pohon kepala yang berada di Desa kelapa lima ini,” Ucapnya.

HT Kemudian melanjutkan bahwa mereka juga sudah dijanjikan akan mendapatkan bantuan rumah itu, karena sudah memberikan lahan tersebut untuk dibangunkan rumah tersebut.

“torang ini ti ayah bilang, kamu juga mo dapa satu itu rumah,” Pungakasnya.

Sebelumnya, lahan milik HT tersebut mendapatkan tawaran dari Pemerintah Desa, untuk kiranya bisa memilih, apakah langsung dibayarkan langsung dengan harga 20.000.000.00 (Dua Puluh Juta Rupiah), atau memilih sejumlah pohon kelapa dengan harga 25.000.000 (Dua Puluh Lima Juta).

Reporter : Ramlan Tangahu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here