Dinas PUPR Kab – Parimo Sosialisasikan Bidang Insfraktruktur Bidang Sanitasi Promosi Kesehatan

0
122

PARIMO matarakyatindo.com Dinas PUPR Kab. Parigi Moutong melaksanakan sosialisasi sistem air limbah domestik terpusat (SPALD-T), SPALD-S dan penyedian sarana dan prasarana pengelolaan sampah, yang disebut Sanitasi berbasis masyarakat (SANIMAS) yang dilaksanakan di aula Hotel Ludya Selasa 28/6/2022,

Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Kab. Parigi Moutong berdasarkan data BPS pada tahun 2021 Akses sanitasi baru mencapai 60,50 persen. Dan di tahun 2022 harus dikejar realisasinya.

Sedangkan itu Sanimas yaitu sebuah program untuk mempromosikan pemyedian saran dan prasarana yang berbasis masyarakat dengan pendekatan tanggap kebutuhan.

Sementara itu tujuan sosialisasi mencakup pembangunan tangki septik skala komunal 5 sampai 10 kepala keluarga (KK), serta tangki septik skala individual minimal 50 KK dan Pembangunan TPS3R.

Dalam sambutannya, Sekertaris Dinas PUPR I Nyoman Adi Susmanta. Program Sanitasi Di Kab. Parigi Moutong berperan dalam memyediakan dukungan finansial baik investasi fisik maupun non fisik . Ucap I Nyoman Adi

Kata dia, “dukungan teknis pengembangan kapasitas mekanisme penyelenggaraan program Sanimas merupakan pendekatan pembangunan yang berkelanjutan tentang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat.

Lanjutnya. Sanimas sendiri adalah promosi kesehatan terhadap masyarakat dengan sistem kebersihan lingkungan, serta pelaksanaan dan pengawasan  oleh kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP). Jelasnya

Ia. Menuturkan pemeliharaan tangki septik bisa di buatkan perdes tentang retribusi yang menjadi biaya operasional pemeliharaan agar bangunan itu berfungsi.  Namun harus dibutuhkan kesadaran masyarakat itu sendiri.

Serta di kuatkan dengan pengetahuan dan regulasi dari pemerintah desa, sehingga bangunan yang telah ada dapat terus termanfaat dan di kembangkan kualitasnya. Urai dia.

 

DENI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here