Dinilai Maju Disektor Cocok Tanam, Pemda Minahasa Tenggara ‘Belajar’ Teknologi Pertanian di Parimo

0
80
Editor : Sumardin (Pde)

PARIMO | matarakyatindo.com – Sebagai wujud pemerintah daerah Minahasa Utara provinsi Sulawesi Utara untuk meningkatkan teknologi pertanian, ternyata tertuju di Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah.

Transfer Teknologi Pertanian di Kabupaten Parigi Moutong menjadi salah satu contoh dalam pembangunan sektor pertaninan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Provinsi Sulawesi Utara.

Demikian pernyataan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara, Jesaya J. Legi bersama rombongan yang berjumlah 40 pendamping saat melakukan kunjungan langsung diwilayah Kabupaten Parigi Moutong, Kamis (5/11).

Sebagai kunjungan perdana, rombongan Kabupaten Mitra diterima langsung Wabup Badrun Nggai,SE bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan dr.Revy J.N Tilaar, Inpektur Inpektorat Muh. Sakti Lasimpala,S.Pd, MM diruang kerja Wabup.

 

Setelah itu dilanjutkan pertemuan dilantai II Kantor Bupati Parigi Moutong. Kunjungan ini juga sekaligus kunjungan silaturahim bersama Pemda Kab. Parigi Moutong untuk melihat secara dekat pengelolaan beberapa Comodity Unggulan dibidang sektor Pertanian, Perkebunan, Perdagangan dan juga beberapa sektor lainnya.

Dalam kesempatanya Wabup Mitra Jesaya J. Legi menyampaikan secara garis besar wilayah Minahasa Tenggara tidak memiliki luas wilayah yang sama luasnya seperti Parigi Moutong.

Jesaya J. Legi mengatakan luas wilayah Minahasa Tenggara 73.062. Ha, memiliki 12 Kecamatan, 106.033 Penduduk. “Untuk Comodity unggulan disektor Pertanian Minahasa Tenggara juga memiliki produksi Padi dan Jagung, disektor Perikanan ada produksi ikan”. Tutur Wabup Mitra.

Wabup Mitra menambahkan, untuk transfer teknologi Pertanian di Prov. Sulteng khususnya di Kab. Parigi Moutong, Jesaya J. Legi meyampaikan sangat mengakui masyarakat transmigrasi dalam membangun majunya sektor pertanian di wilayah Parigi Moutong dan ini bisa menjadi salah satu contoh untuk diterapkan diwilayah kami. Ucapnya.

Wakil Bupati Parigi Moutong H.Badrun Nggai, SE dalam kesempatannya menyampaikan sangat berterima kasih dengan adanya kunjungan Pemerintah Kab. Mitra di Parigi Moutong.

Kata Badrun, Pemerintah Parigi Moutong selalu siap sedia dalam menjalin komunikasi kedepannya untuk bisa dapat bekerja sama dan berbagi informasi untuk membangun daerah disegala sektor khususnya bidang Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan juga disektor lainnya. Ungkap Badrun Nggai

Wabup juga mengatakan, untuk masyarakat transmigrasi yang berada di Parigi Moutong ini sudah cukup lama tinggal didaerah Parigi Moutong bahkan sudah berpuluh tahun lamanya.

“Semua masyarakat transmigrasi dari semua suku yang ada sudah membaur dan mereka merasa nyama dan aman untuk bercocok tanam dan lain sebagainya” ujarnya.

Wabup jelaskan, terbukti dengan adanya forum etnis maupun forum beragama semua suku dan agama sahabat tetap rukun aman dan damai dalam satu hati untuk membangun dengan Moto “Songgulara Mombangu”. Jelas Wabup.

Sumber : Humas Pemda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here