Dinyatakan Bersalah.!! Bupati Boalemo Dijatuhi Hukuman 6 Bulan Penjara Oleh PN Gorontalo

0
110

Gorontalo, Boalemo || matarakyatindo.com Darwis Moridu, yang merupakan Bupati Nonaktif Kabupaten Boalemo akhirnya menanggapi putusan Pengadilan Negeri Gorontalo yang menjatuhi hukuman penjara 6 bulan kepadanya.

Darwis Moridu saat ditemui usai menjalani sidang menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan jangan mudah terprovokasi.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, dan jangan mudah terprovokasi” Ungkap Darwis Moridu usai persidangan, Jumat (13/11).

Bupati Nonaktif Kabupaten Boalemo, Darwis Moridu, dijatuhi hukuman pidana Penjara selama 6 Bulan. Sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Gorontalo tersebut, dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Dwi Hatmojo, SH.MH.

Bupati non aktif, Darwis Moridu divonis selama 6 bulan penjara karena terbukti secara sah dan menyakinkan melanggar pasal 351 ayat 2 pada persidangan agenda pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Gorontalo, Jumat (13/11/2020).

Darwis dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindakan penganiayaan mengakibatkan luka berat terhadap Awis Idrus. Vonis terhadap Darwis Moridu dibacakan oleh majelis hakim yang diketuai Dwi Hatmodjo, S.H dengan anggota Pangeran Hotma Hio Putra Sianipar, S.H, dan Efendy Kadengkang, S.H.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menghentikan sementara Darwis Moridu dari jabatannya sebagai Bupati Boalemo. Pemberhentian itu tertuang dalam surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.75-3846 tahun 2020 tentang pemberhentian sementara Bupati Boalemo.

Dalam surat tersebut, yang menjadi yang menjadi perhatian Mendagri yaitu surat registrasi perkara Pengadilan Negeri Gorontalo Nomor 160/pid.B/2020/PN Gto tanggal 7 September 2020; Surat Gubernur Gorontalo Nomor 009/116/Pemkesra tanggal 22 September 2020 perihal pemberitahuan.

“Memutuskan memberhentikan sementara saudara H. Darwis Moridu dari jabatannya sebagai Bupati Boalemo masa jabatan tahun 2017/2022 sampai proses hukum yang bersangkutan selesai dan mempunyai kekuatan hukum tetap,” bunyi surat Mendagri tersebut.

Mendagri kemudian menunjukkan Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf sebagai pelaksana tugas. “Wakil Bupati masa jabatan tahun 2017/2022 untuk melaksanakan tugas dan kewenangan sebagai Bupati Boalemo,” sambung bunyi surat yang ditetapkan pada 3 November 2020.

Keputusan menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dan berlaku surut terhitung sejak 7 September 2020.****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here