Disdikbud Melaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan Juknis DAK Fisik – Non Fisik

0
47

PARIMO | matarakyatindo.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parigi Moutong melaksanakan Sosialisasi petunjuk teknis pelaksanaan DAK Fisik dan Non Fisik tahun 2021 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Senin (29/3/2021) bertempat di Aula lantai II Kantor Disdikbud Parimo.

Kepala Disdikbud Parigi Moutong Drs Aminudin menyatakan, untuk pelaksanaan sosialisasi petunjuk teknis pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan non fisik perlu dilakukan pemahaman regulasinya.

Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan penggunaan dana dimaksud sudah harus sesuai dengan petunjuk tehknis juknis DAK Fisik, terutama untuk bidang pendidikan SD/SMP Tahun 2021 sesuai Perpres tahun 2020, kata mantan pendayung Nasional ini.

Aminudin berharap, dengan dilaksanakan sosialisasi dan diskusi ini, seluruh Kepala Sekolah yang mendapat dana pusat dapat mengacu pada juknis yang ada.

“Untuk melaksanakan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 123 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Fisik Tahun Anggaran 2021, setiap Kepala Sekolah SD dan SMP harus tetap mengacu petunjuk juknis yang ada” terangnya.

Sebagai penguatan tambah Kadisdikbud, perlu mengacu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Petunjuk Operasional DAK Fisik Reguler Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021, karena merupakan peraturan yang menjabarkan pelaksanaan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, jelas Aminudin.

“Kami berharap kepada seluruh Kepala Sekolah harus lebih berhati-hati dalam mendesain penggunaan dan pengelolaan dana BOS fisik serta non fisik yang tepat” kata mantan Kabid SD/SMP selama Enam tahun ini.

Terutama sambung Aminudin, bahwa untuk pelaporan maupun pelaksanaan teknisnya, diharapkan agar sekolah penerima DAK tidak lagi terlambat melaporkan penggunaan dana BOS sebagai pertanggung jawaban akhir, pungkasnya. (**)

Reporter : Deni / Editor : Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here