Dituding Sistem Pengelolaan Keuangan Desa Bambalemo Amburadul, Mantan Kades Ungkap Semua Aparat Terlibat

0
188

PARIMO matarakyatindo.com Mantan Kepala Desa Bambalemo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Irfan Adenan mengatakan, terkait pengelolaan keuangan di desa Bambalemo yang dinilai buruk oleh Inspektorat daerah, itu sah-sah saja.

Berdasarkan Penilaian Inspektorat, dari hasil audit. Yang di lakakukan terhadap desa Bambalemo beberapa waktu lalu. Oleh Inspektorat memberi penilaian buruk itu sah-sah saj” ungkap mantan Kades Bambalemo Irfan Adenan kepada wartawan di Parigi, Selasa (28/6/2022).

Kata dia. “Mengenai pemberitaan terkait pernyataan Inspektur Inspektorat daerah Parimo itu, ia mengaku sudah membacanya, yang menyebut bahwa, sistem pengelolaan keuangan desa Bambalemo dinilai buruk. Ucap Irfan.

Disisi lain kata dia, perlu diketahui bahwa dalam sistem pengelolaan keuangan desa, tidak hanya kepala desa sendiri. Namun, akan tetapi semua unsur pemerintah desa pasti terlibat dalam rancangan penetapan APBdes.

“Irfan menjelaskan, Menyangkut pemerikasaan inspektorat nanti. untuk membuktikannya kita menunggu hasil pemeriksaan dan investigas. ucap Irfan.

Terkait status pengelolaan keuangan yang dianggap buruk, ia enggan berkomentar lebih. Karena menurut dia, itu adalah hak dan ranah Inspektorat yang memberi penilaian.

Sambungnya, mengenai semua unsur terlibat dalam pengelolaan keuangan desa yang di maksud itu ada Sekretaris Desa (Sekdes) hingga semua Kepala Urusan (Kaur). Bahkan, juga menyangkut pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desa itu. Ungkapnya.

Sebelumnya, Inspektorat Daerah Parigi Moutong mengatakan, bahwa pengelolaan keuangan Desa Bambalemo, Kecamatan Parigi, dinilai buruk, itu diungkapkan Inspektur Inspektorat Parimo, Adrudin Nur.

Kemudian, saat ini, kata Adrudin, Inspektorat telah mengeluarkan surat tugas kepada tim untuk melakukan pemeriksaan dan investigasi terhadap pengelolaan keuangan di Desa Bambalemo.

Dalam pemeriksaan nantinya, semua yang terlibat mengelola keuangan desa akan diperiksa tanpa terkecuali. Ditambahkannya. “Bukan hanya Kades, Sekdes hingga Kaur pun bakal kami periksa. Tutup Adrudin.

 

DENI

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here