DKP Donggala Sosialisasikan Bioflok Ikan Nila, Berikut Harapan Bupati Kasman

0
80

DONGGALA | matarakyatindo.com –Berlokasi di Desa Lero Tatari, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Donggala membuka dan menggelar Sosialisasi Kolam Bioflok Budidaya Ikan Nila, di Kecamatan Sindue, Minggu,(6/6/2021) Pagi.

Agenda itu dibuka oleh Bupati Donggala, Drs.H Kasman Lassa S.H, M.H beserta Rombongan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sekaligus memberi bantuan ribuan bibit dan panen perdana Ikan Nila di Kolam Bioflok di lokasi Budidaya Nila Desa Lero, Kabupaten Donggala.

“Alhamdulilah, hari ini usai memberikan bantuan 10 ribu bibit Ikan Nila yang nantinya akan dipelihara atau dibudidayakan di Bioflok Kolam Budidaya Ikan air tawar, dimana kita saksikan bersama tadi pelepasan ribuan bibit di wadah Bioflok ini,” ujarnya Kepada awak media.

Lanjutnya menjelaskan, Ikan jenis Nila ini tak memerlukan waktu yang lama untuk memanennya. Cukup dengan berusia 3 bulan atau seukuran telapak orang dewasa, Nila sudah bisa dipanen hasilnya.

“Untuk pemasaranya warung-warung makan ataupun Sari Laut sudah bisa menyajikan alias menjual hasil Ikan Nila ini. Guna mendayagunakan serta meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya di 12 titik kawasan Huntara di Desa Lero ini,” bebernya lagi.

Belum lagi, ditambahkanya mata pencarian Nelayan di Kecamatan Sindue tersebut situasinya belum bersahabat, dimana kondisi cuaca yang tidak menentu seperti Hujan Deras, Ombak, dan Angin Kencang. Olehnnya itu solusinya dengan budidaya melalui Ikan di Kolam Bioflok.

“Jadi membuat Kolam Bioflok ini cukup terjangkau hanya membutuhkan bahan baku besi, terpal, selang sirkulasi udara, kemudian alat khusus lainya dalam membudidayakan jenis Ikan tawar tersebut,” paparnya.

Diakhir wawancara, dirinya berharap disekitar 12 titik Huntara di wilayah Lero Budidaya ikan dengan cara Bioflok semua bisa diberdayakan atau diterapkan, tentunnya dengan hadirinya peran Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini Dinas DKP Donggala guna memberdayakan SDM masyarakatnya dan peran serta Kementerian Perikanan dan Kelautan.

“Olehnya itu dengan Lahan tidur atau kurang produktif bisa kita gunakan, kemudiam peran anak muda dan ketua kelompok yang dipilih yakni Bapak Akib mengakomodir kelompoknya dalam mengelola, memelihara, membudidayakan ikan air tawar serta jenis ikan lainya berpotensi dibudidayakan,”tandas Bupati.

Turut hadir pada kesempatan itu, kepala-kepala OPD Kabupaten Donggala, khususnya mendampingi Bupati yakni Kepala Dinas (Kadis) DKP, Ali Assegaf S.Pi, M.H,Kadis PMD, Naketrans, Sosial, Dikbud, dan Perhubungan. (BIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here