DKP Parimo, Jadikan Desa Ogotion Sentral Kampung Rumput Laut

0
430

Parimo || matarakyatindo.com Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Parigi Moutong akan menjadikan Desa Ogotion Kecamatan Mepanga sebagai sentral pengembangan budidaya rumput laut.

Dimana Desa Ogotion merupakan penghasil budidaya rumput laut terbesar di Kabupaten Parigi Moutong. Masyarakat yang mayoritas penduduknya adalah nelayan membudidayakan rumput laut sebagai penghasilan ekonominya.

Kegiatan sekolah lapang dan bimtek bimbingan teknis dan sertifikasi pembudidaya perikanan dan rumput laut, yang di laksanakan di desa ogotion kecamatan mepanga, dalam kegiatan ini sebanyak 120 orang di latih dalam pembudidayaan rumput laut oleh dinas perikanan dan kelautan provinsi Sulawesi tengah dan kabupaten Parimo. Rabu (27/11/2019)

Turut dihadiri Kepala Dinas DKP Provinsi di wakili Kabid Budidaya Nelayan, Kadis DKP Parimo, Dosen Perikanan UNTAD, Tim sertifikasi, Camat Mepanga dan Kepala Desa Ogotion

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas DKP, Effendi batjo mengatakan, instansinya menargetkan tanam budidaya rumput laut di kabupaten Parigi Moutong akan mendorong budidaya rumput laut sebagai sentra produksi dan penghasil rumput laut terbesar

dalam sambutannya ia berharap adanya pelatihan tambahan yang diberikan kepada masyarakat petani rumput laut, kegiatan ini adalah wadah yang tepat bagi masyarakat untuk mengetahui tata cara budidaya rumput laut.

“Dalam temu teknis ini nanti akan disampaikan secara teknis budidaya rumput laut, guna mendorong peningkatan produksi rumput laut serta pendapatan masyarakat itu sendiri,” Ujarnya

“Dukungan program budidaya rumput laut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa ogotion, pembudiyaan rumput laut masyarakat Desa Ogotion akan di jadikan sebagai kampung rumput laut, sehingga bisa mencapai target sebagai sentra penghasil rumput laut” Tambahnya

Sementara itu Saiful selaku masyarakat pembudidaya rumput laut mengatakan, bahwa dirinya harapkan petani rumput laut yang menjadi sasaran pembinaan DKP dapat menunjang program ini sehingga bisa meningkatkan pendapatan keluarga kelompok tani rumput laut.

“Kami senang dengan adanya pelatihan dan bimtek cara pembudidayaan rumput laut, selama ini kami belum memahami bagaimana cara pembudidayaan yang bisa menghasilkan panen yang berlimpah, Tutupnya.

Reporter : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here