DPMPD Perintahkan Seluruh Desa Bentuk Tim Relawan Cegah Covid-19

0
453

PARIMO | matarakyatindo.com – Ditengah pandemi Covid-19, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMPD Parigi Moutong mengajak pemerintah desa untuk proaktif dalam pencegahan penyebaran virus Corona covid-19 dilingkup desa masing-masing, karena peran pemerintah desa sangat penting bagi kesehatan dan keselamatan masyarakatnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten, Fit Dewana SSTP saat di konfirmasi matarakyatindo.com mengatakan, dalam melakukan pencegahan dan penyebaran virus covid-19, dana desa boleh di gunakan untuk membentuk relawan gugus covid-19 sebesar 10 hingga 15 persen.

Menurut Fit, DD yang digunakan dalam hal pencegahan covid-19, setiap Desa wajib membentuk tim relawan untuk melawan Covid-19, sebagaimana tertuang dalam edaran Mendes Pdt no 8 thn 2020, dalam hal ini desa wajib mengedukasi kepada masyarakat terkait pencegah penyebaran covid-19, mencakup gejala cara penularan, serta pencegahan Covid-19 sesuai protokol dan standar kesehatan,,

Dalam pembentukan relawan lanju Fit, harus melibatkan pihak puskesmas dan bidan desa. Intinya tidak menciptakan kerumunan, jaga jarak (phisical distanting), sosialisasi dan edukasi, boleh menggunakan kenderaan roda 2 atau roda 4 dengan loudspeaker atau alat yang lain.

“Tim relawan yang diketuai Kades berhak untuk memberikan izin dan membubarkan kegiatan yang melibatkan banyak orang, sebab kegiatan yang dihadiri banyak orang dan beresiko mempercepat penularan virus Covid-19” jelas FIT.

Tim relawan juga harus mempersiapkan alat pelindung diri (APD) bagi Tim dan seluruh masyarakat desa setempat. APD yang di gunakan masker N95 atau ekuivalen, gaun khusus, sepatu boot, pelindung mata (face shield), sarung tangan bedah karet steril dan sekali pakai, penutup kepala serta apron, biaya penangan apabila ada warga yg harus diisolasi harus disiapkan termasuk ruang isolasi desa, urainya.

Fit menambahkan, seluruh kegiatan tim relawan untuk operasionalnya boleh diambil dari DD dengan tetap memperhatikan padat karya tunai bagi masyarakat yang kurang mampu dan pengangguran.

“Saya berharap teman-teman kades bisa memaksimalkan anggaran tersebut fokus pada pencegahan. Patuhi himbauan pemerintah. Insya Allah dengan semangat dan kebersamaan kita lawan penyebaran covid-19  lawan Covid-19” kuncinya.

Reporter : Deni Renaldi / Editor : Pde Husain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here