Dukung Polres Parimo, Camat Tomini Serukan Masyarakat Perangi Hoax

0
355
Camat Tomini, Staf Kecamatan serta para kepala-kepala Desa dan Kepsek di Kecamatan Tomini serukan Perangi Hoax untuk jaga siskantibmas di Kecamatan Tomini (Foto : Yunus)

Parimo – matarakyatindo.com Camat Tomini Muktasim, S.Pd, M.Pd menyeru semua elemen masyarakat di Kecamatan Tomini untuk memerangi informasi bohong atau hoax yang berisi tentang ujaran kebencian, SARA (Suku Agama, Ras dan Antargolongan) dan lainnya.

Menurut dia, hoax khususnya yang beredar di media sosial (Medsos) dapat memecah belah masyarakat, merusak persatuan dan kesatuan dan bahkan memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk itu, mantan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tomini ini minta seluruh warganya untuk harus berhati-hati dalam menerima informasi yang belum tentu kebenarannya. Lakukan cek dan ricek sebelum membagikannya kepada orang lain.

Pramuka Kecamatan Tomini dukung Polri Jaga Siskamtibmas dan siap Perangi Hoax (Foto : Yunus)

“Hoax itu sangat berbahaya karena akan memunculkan fitnah dan memecah belah kesatuan. Karenanya, mari bersama-sama perangi hoax,” imbaunya usai Upacara Adat Pelantikan Bupati Parigi Moutong H. Syamsurizal Tombolotutu Tosiaange di Tomini, sekaligus penutupan hari Pekan Rakyat HUT Tomini ke 12, Sabtu (18/01/2020).

Dikatakannya, di era sekarang, diakui bahwa hoax banyak disebarkan melalui teknologi elektronik yang sangat canggih.

“Oleh karena itu, sebagai penerima informasi sudah selayaknya mengecek dan konfirmasi dulu mengenai kebenarannya. Siapapun dan apapun profesi kita, kita harus bijak berkomunikasi dan mengkonsumsi informasi,” ujarnya.

Giat yang sama, Kelompok Pemuda di Wilayah Kecamatan Tomini Siap dukung Polri dan siap Perangi Hoax (Foto : Yunus)

Perang terhadap hoax, lanjut Camat Tomini, merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat di daerah ini, tanpa terkecuali.

Imbuhnya, saat ini hoax memang menjadi tantangan bagi pemerintah, entah itu pusat maupun di daerah. Saat ini, hoax juga sudah sangat meresahkan.

“Saya mengajak ulama, umaro, Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala-kepala Desa, Aparat Desa, pelajar, mahasiswa, masyarakat dan seluruh instansi di daerah ini untuk bersama-sama memerangi hoax,” pinta dia.

Terhadap pelaku penyebar hoax, orang nomor satu di Kecamatan Tomini dengan 14 Desa ini meminta pihak terkait untuk menghukum seadil-adilnya. Dengan begitu, tidak ada oknum yang seenaknya menyebarkan hoax, terutama melalui melalui Medsos.

“Kita dukung aparat penegak hukum untuk menghukum dengan seadil-adilnya para penyebar hoax yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan di republik ini,” tegas Camat Tomini Muktasim, S.Pd, M.Pd

Reporter : Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here