FGD Bapenda Parimo Genjot Produksi Sarang Walet

0
173

PARIMO || matarakyatindo.com – Dalam rangka menggenjot potensi Ekspor dan pengembangan melalui Focus Group potensi eksport sarang burung walet di kabupaten Parigi Moutong dan permasalahannya, Bapenda gelar Discussion (FGD), Selasa (10/12/2019) bertempat di rana cafe Parigi.

Secara formal, Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE membuka kegiatan tersebut yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Faisan Badja dan anggota DPRD lainnya, Kepala OPD serta para Petani Walet se-kabupaten Parigi Moutong.

Wabup H.Badrun nggai mengatakan budidaya sarang burung walet menjadi primadona bisnis yang menjanjikan, mengingat harga sarang walet yang sangat tinggi, sehingga tidak mengherankan jika bangunan sarang walet lagi bertebaran saat ini.

Namun masih banyak permasalahan yang sering kali ditemui para petani walet dalam pembudidayaan burung walet. “Ini harus dimulai dari kurangnya pengetahuan dan kelembapan karena suhu yang kurang optimal juga akan menyebabkan sarang walet cepat kering dan mudah rusak serta masih banyak lagi permasalahan lainnya yang sering dijumpai para petani walet” Ujarnya.

Badrun berharap, melalui FGD ini dapat menjadi solusi atas segala permasalahan yang sering kali dijumpai para petani walet yang pada akhirnya akan meningkatkan produksi sarang burung walet di daerah ini guna mewujudkan pangsa ekspor yang lebih baik, dan akan menjadikan unggulan bagi sarang walet di Parimo.

Selain itu para petani walet dapat memahami bahwa budidaya walet harus mengantisipasi wabah flu burung yang dapat menurunkan hasil sarang walet.

“Bila hal ini akan jadi produk unggulan Parimo di tahun-tahun depan, yakin saja Parimo akan menjadi penghasil walet terbesar di Sulteng” kata mantan Sekda ini.

Reporter : Deni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here