Fokus Pemberantasan Miras, Kecamatan Parigi dan Polsek Parigi Lakukan Hal Ini.!!

0
263

Parimo, Parigi – matarakyatindo.com Jajaran Kepolisian Sektor Parigi dan Pemerintah Kecamatan Parigi melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah No 8 tahun 2005, tentang Pengawasan dan Penjualan Miras (Minuman Keras) di wilayah hukum Polsek Parigi,

Nampak dalam sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kapolsek Parigi IPTU Gede Pasek Wikaya, Camat Parigi, Nur Srikandi Puja Pasau S.Kom, Kepala Seksi Bidan Farmasi, dan Unsur Muspika.

Dalam sambutannya Camat Parigi, Nur Srikandi Puja, mengatakan di wilayah parigi sudah ada pabrik rumahan pengolahan miras jenis cap tikus atau CT,

“Wilayah Parigi intens terhadap kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan perkelahian antar pemuda, yang di akibatkan penggunaan Miras, Dampak Miras yang di timbulkan pada masyarakat bisa fatal jika tidak di minimalisir” Ujar Camat Parigi, Nur Srikandi Puja.

“Minuman keras adalah minuman yang mengandung etanol atau juga yang sering disebut sebagai minuman alkohol, Akibat minuman keras ini dapat menyerang tingkat kesadaran, orang yang mengkonsuminya akibatnya akan mengalami mabuk. Sebenarnya masayarakat kita sudah banyak yang tahu tentang bahaya dari akibat minuman keras atau minuman beralkohol ini” Tambahnya.

Sementara itu Kapolsek Parigi IPTU Gede Pasek dalam sambutannya, menjelaskan bahwa Perda tentang MIRAS merupakan tanggung jawab Kepolisian bersama serta Jajaran Pemda Parimo dalam menegakkan hukum dan peraturan pemerintah daerah,

“Dalam penggunaan dampak dan akibat konsumsi MIRAS, dapat menyebabkan tindakan kekerasan dan Gangguan kamtibmas” Imbuh Gede Pasek

Salah satunya adalah menimbulkan kecanduan yang luar biasa, karena minuman keras atau minuman beralkohol ini mengandung zat aditif, yaitu zat yang jika masuk ke tubuh manusia walaupun dengan jumlah sedikit akan menimbulkan efek kecanduan yang luar biasa.Dan juga masyarakat juga telah mengerti bahwa sebenarnya minuman keras ini dapat merusak syaraf secara perlahan.

“Mari kita bersama-sama dalam pengawasan peredaran Miras di wilayah hukum Polsek Parigi, Peran tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda, peredaran Miras dan gangguan Kamtibmas bisa kita jaga bersama, serta perhatian keluarga mengawasi penggunaan Miras pada kaula muda. Ujarnya.

Ia berpesan kepada tokoh-tokoh masyarakat untuk tetap menjaga Kamtibmas bersama,  orang tua sangat berperan penting dalam menjaga anak-anak, agar tidak terjerumus ke meminum-minuman keras, orang tua harus lebih dalam memperhatikan anak-anak seperti rutinitas dan kebiasaan anak serta teman sebayanya,Seseorang yang ingin berhenti meminum minuman keras harus memiliki komitmen yeng benar-benar untuk ingin brubah, jika bukan kita siap lagi” Jelasnya.

Reporter : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here