Gedung Arsip Disdukcapil Tak Layak Fungsi, Ketua Komisi IV DPRD Parimo Buka Suara

0
153

PARIMO | matarakyatindo.com – Ketua Komisi IV DPRD Parimo Feri Budi Utomo melakukan sidak di Dinas Dukcapil sebagai mitra kerja Komisinya, pasca penilaian Ombudsman perwakilan Sulteng.

Hasilnya, Komisi IV menyimpulkan bahwa kantor pelayanan publik yang setiap hari didatangi warga Parimo itu masih banyak yang perlu dibenahi, salah satunya bangunan penyimpanan arsip yang tidak layak fungsinya.

“Bangunan ini tak layak difungsikan dan harus dilakukan pembenahan kembali demi untuk menyelamatkan arsip yang ada” ungkapnya saat bertemu matarakyatindo.com di Disdukcapil, Rabu (31/1/2021).

Menurutnya, sebagai wakil rakyat tentu turut merasakan terkait bagaimana rasa nyamannya melayani masyarakat. Sementara fasilitas gedung saja tak layak, di tambah plafon dan atap gedung rusak dan dipastikan bila hujan akan tembus airnya karena bocor.

“Yang ditakutnya yaitu dokumen berharga seperti Kartu keluarga, akte kelahiran dan dukumen lainnya akan rusak bila terkena air hujan” jelasnya.

Ini perlu adanya rehabilitas terhadap gedung arsip Disdukcapil kata Feri, apalagi Dinas ini adalah mitra kerja komisi IV dengan harapan agar Disdukcapil harus memikirkan kondisi tersebut, mengingat dalam gedung tersebut telah menyimpan dokumen kependudukan warga Parimo, urainya.

Sementara, Kepala Dinas Dukcapil Ir Lewis membenarkan jika bangunan gedung Arsip itu sudah rusak dan perlu di rehab dibagian atap dan plafonnya karena banyak dokumen berharga yang tersimpan.

“Kami juga sangat berharap adanya perbaikan gedung ini, sebab jika terus di biarkan, akan berdampak pada kerusakan yang lebih fatal” jelas Lewis.

Dirinya selaku pimpinan OPD Disdukcapil sangat berharap agar DPRD Parimo melalui komisi IV dapat memperhatikannya melalui ABT 2021 ini karena bangunan tersebut merupakan pelayanan yang sangat vital menyangkut dokumen masyarakat Parigi Moutong.(**)

Reporter : Deni Renaldi
Editor : Sumardin (Pde)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here