Gedung Puskesmas Balinggi Menyerupai RS Tipe ‘D’ Resmi Digunakan

0
146

PARIMO | matarakyatindo.com – Pemda Parigi Moutong melalui Dinas Kesehatan Kabupaten saat ini terus melakukan penataan gedung Puskesmas di sejumlah wilayah Kecamatan, salah satunya Gedung Puskesmas Balinggi di wilayah Lima yang terbangun megah dilengkapi fasilitas mirip RS kelas D yang ada ruang rawat inap didalamnya.

Pantauan matarakyatindo.com saat pelaksanaan peresmian Gedung Puskesmas tersebut oleh Wakil Bupati H. Badrun Nggai SE, nampak dihadiri Sekertaris Dinas Kesehatan provinsi, Kadis Kesehatan dr. Revi Tilaar MAP, Camat Balinggi, Kapolsek Sausu Iptu Asse SH, Danramil Sausu Lettu Sutarmin, Tiga anggota DPRD dapil lima (Leli Pariani, Ketut Mardika, Edi Tangkas) dan 9 Kades se-Kecamatan Balinggi serta para tokoh masyarakat.

Sebelum dilakukan pengguntingan pita tanda peresmian gedung oleh Sekdis Kesehatan provinsi, Kadis Kesehatan Kabupaten Revi Tilaar menjelaskan, bahwa dengan terbangunnya Puskesmas ini berawal atas kegigihan dari Kepala Puskesmas dan jajarannya melakukan pembenahan kedalamnya.

“Puskesmas Balinggi sebenarnya belum dibangun, namun karena prestasi puskesmas ini menjadi juara satu tingkat provinsi dan juara tiga tingkat nasional, maka dengan sendirinya pembangunan Puskesmas melalui DAK reguler akhirnya terbangun dengan anggaran sekitar 5 M lebih” kata Revi.

Dengan terbangunnya fasilitas Kesehatan ini, Kadis Kesehatan berharap agar tim medis yang ditugaskan untuk selalu solit dan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai ketentuan waktu yang ada.

“Ingat…jangan sampai lupa turun kedesa terutama untuk orang miskin dimohon meng-aktifkan KIS nya” ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati H. Badrun Nggai SE melalui sambutannya sangat berharap agar dengan terbangunnya gedung Puskesmas Balinggi yang megah ini untuk dirawat dan dipergunakan sesuai peruntukannya.

“Karena bangunan ini harganya mahal, tentu sistim operasionalnya harus dijaga dengan baik dan benar-benar dilakukan pembenahan kedalamnya, terutama yang menjadi perhatian adalah kesehatan Lansia, minimal dilakukan pemeriksaan satu bulan sekali dan mengajak para Lansia untuk melakukan gerak badan” jelas Wabup.

Wabup berpesan kepada Camat dan Kades diwilayah kerja Puskesmas Balinggi agar bekerja sama dengan puskesmas untuk turun bersama-sama melakukan kunjungan kemasyarakat, siapa tau ada masyarakat yang sakit, “mudah-mudahan masyarakat disini tidak ada lagi yang berobat kedukun” urai mantan Sekda ini.

Reporter : Sumardin (Pde)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here