Gegara Covid-19, 1.000 MBR Kota Gorontalo, Gratis Pasang Baru dan Bebas Iuran Air Minum

0
270

KOTA GORONTALO || matarakyatindo.com Di tengah merebaknya wabah Covid-19, 1.000 Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Kota Gorontalo, berkesempatan memperoleh pemasangan baru air PDAM secara gratis serta dibebaskan dari iuran.

Langkah humanistis itu dilakukan Marten Taha atas dampak ekonomi akibat merebaknya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Secara tehnis, kebijakan tersebut akan dilakukan penangananya oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Gorontalo.

“Nanti PDAM yang akan melakukan penanganannya secara tehnis. Kebijakannya langsung dari Pak Wali Kota,” kata Plt. Direktur PDAM Kota Gorontalo, Isman Darise, Jum’at (03/4).

Menurut Isman, Wali Kota Marten Taha menempuh kebijakan menggratiskan iuran dan pemasangan baru bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), mengingat akan terjadi kesulitan ekonomi dengan bergulirnya kebijakan pemerintah dan protokol kesehatan yang mengharuskan warga senantiasa berada di dalam rumah, serta kebijakan-kebijakan lain akibat merebaknya Covid-19.

“Jadi, dampak ekonomi senantiasa terasa dengan adanya kebijakan pemerintah terkait penanganan dan pencegahan Covid-19,” tandas Isman.

Isman menyebut, kebijakan menggratiskan iuran itu hanya berlangsung selama dua bulan. Itupun hanya untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Demikian pula untuk pemasangan baru, gratis pemasangannya juga untuk MBR.

“Tidak semua warga memperoleh bantuan itu. Hanya untuk MBR saja,” ungkap Isman.

Isman pun menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar menjaga PDAM sebagai satu satunya perusahaan daerah pengelola air minum itu.

Mengutip pilosofi lilin dan lampu botol, Isman mengimbuhkan, “PDAM jangan dianggap sebagai lilin yang senantiasa diperhatikan hanya dari sisi pencahayaannya, sementara badannya terabaikan”.

“Jadikanlah PDAM sebagai lampu botol. Selain perlu cahayanya, botolnya pun harus diisi minyak tanah, dan dijaga jangan sanpai pecah. Kami butuh dukungan penuh masyarakat pelanggan agar PDAM tetap berjaya,” urainya menambahkan. ##

Reporter : Abang Tito

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here